logo


Pasokan yang Lancar Jadi Alasan Perusahaan Memilih Tapioka Impor

Langkah impor tepung tapioka yang berbahan dasar singkong yang dilakukan sejumlah pabrik saat ini lebih dikarenakan alasan kontinuitas pasokan bahan dasar produksi.

28 Oktober 2016 15:00 WIB

Ilustrasi, pekerja menjemur tepung yang terbuat dari singkong.
Ilustrasi, pekerja menjemur tepung yang terbuat dari singkong. Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat ekonomi dari Asosiasi Ekonomi politik Indonesia, Dani Setiawan menilai bahwa langkah impor tepung tapioka yang berbahan dasar singkong yang dilakukan sejumlah pabrik saat ini lebih dikarenakan alasan kontinuitas pasokan bahan dasar produksi.

“Produksi singkong yang ada di negara kita pada saat ini sebenarnya masih belum mampu memenuhi tingginya permintaan sejumlah pabrik di tanah air. Apa lagi kontinuitas supply-nya masih belum ada,” demikian kata Dani setiawan kepada Jitunews.com, Jumat (28/10).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa setiap perusahaan selalu menginginkan adanya keberlanjutan dari pasokan bahan baku dalam hal ini singkong, namun pada kenyataannya kontinuitas ini tidak terjadi karena pasokan singkong tanah air masih sangat terbatas. Petani harus menunggu 8 bulan baru kemudian bisa memanen singkongnya.


Produksi Singkong Tanah Air Minim, Perusahaan Tapioka Andalkan Kran Impor

“Apakah selama 8 bulan ini perusahaan menunggu, tidak kan? maka cara mudahnya ya lakukan impor,” demikian katanya.

Selain karena alasan kontinuitas, kualitas tepung tapioka dari singkong lokal masih sangat rendah bila dibandingkan dengan kualitas tepung tapioka berbahan dasar singkong impor.

Impor Singkong Bulan Juni 2016 Naik Hingga 2000 Persen

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan
 
×
×