logo


Kemendagri Bakal Lantik Plt Gubernur DKI Jakarta

Soni menyebut Gubernur DKI Ahok harus hadir dalam serah terima nota pengantar tugas tersebut.

26 Oktober 2016 13:33 WIB

Mendagri Tjahjo Kumolo.
Mendagri Tjahjo Kumolo. setkab.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) jika tak ada halangan akan dilantik siang ini oleh Menteri Dalam Negri Tjahojo Kumolo. Siapakah ia?

Sejauh ini dua nama dipersiapkan yakni, Sekjen Kemendagri Yuswandi Temenggung serta Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Soni Sumarsono. Lallu, benarkah bahwa Soni yang bakal dipilih?

"Saya kira posisi anginnya bertiup ke DKI," ucap Soni Sumarsono kepada media hari ini, Rabu (26/10).


Ibu Kota Pindah, Anies Baswedan: Berharap Bisa Memiliki Paru-paru untuk Jakarta

Soni enggan memastikan dirinya yang akan menjadi Plt Ahok selain menjawab dengan istilah 'anginnya ke DKI'. Soni meminta untuk menyaksikan langsung saat peresmian pukul 13.00 WIB siang ini.

"Acaranya peresmian Plt gubernur dan serah terima nota pengantar tugas dari gubernur lama kepada Plt gubernur melalui Mendagri," ujar Soni.

Soni menyebut Gubernur DKI Ahok harus hadir dalam serah terima nota pengantar tugas tersebut. Secara prinsip, maknanya Ahok menyerahkan tugasnya kepada Plt.

"Gubernur harus hadir, kalau tidak nanti diserahkan siapa," ucap Soni.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan siang ini akan ada serah terima nota tugas untuk dua Gubernur lebih dulu yaitu DKI Jakarta dan Banten. Kemendagri sudah menyiapkan pejabatnya untuk menjadi Plt.

"Plt gubernur yaitu Sekjen Yuswandi, Dirjen Otda Soni Sumarsono, Dirjen Polpum Sudarmo, Dirjen Dukcapil Zudan, Dirjen PMD Nata," ucap Tjahjo.

Tjahjo tak merinci masing-masing pada Plt provinsi mana, hanya di antara DKI, Banten, Aceh, Gorontalo, dan Bangka Belitung.

"Papua Barat dan Sulbar karena gubernurnya sudah dua kali, nanti awal Januari Pltnya," ucap Tjahjo.

Pemprov DKI Anggarkan Rp82,8 Miliar untuk Lem Aibon, PSI: Buat Apa

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah