logo


Inilah 3 Jenis Kandang Bebek

Kandang Baterai adalah tipe kandang yang menggunakan sistem satu kandang untuk seekor itik.

19 November 2014 08:01 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anda ingin beternak bebek? Tunggu dulu. Apakah Anda sudah tahu jenis-jenis kandang bebek? Kalau belum maka jitunews.com akan menjelaskannya untuk Anda.

Inilah ketiga jenis kandang bebek yang dimaksud :

1. Kandang Baterai. Tipe kandang ini menggunakan sistem satu kandang untuk seekor itik. Biaya pembuatannya pun paling mahal dibandingkan tipe kandang yang lain. Dengan luas 50cm persegi dan satu baris berisi 5 kandang. Dengan kandang baterai, kita dapat lebih mudah melakukan kontrol pada setiap itik/bebek. Namun perkawinan itik harus dilakukan dengan inseminasi buatan yang memakan biaya. Kandang jenis ini sekarang hanya dipakai untuk anakan bebek atau starter.
    
2. Kandang Ranch / Ren: Ini adalah tipe kandang yang banyak dipakai oleh para peternak itik dan dapat berisi lebih dari satu bebek. Cocok sebagai kandang bebek pedaging dan petelur dewasa.  Umbaran/latar untuk bermain bagi ternak membuat kandang jenis ini terlihat alami. Selain itu, juga terdapat kolam di depan kandang yang membuat bebek dapat mandi dan berenang saat udara panas.
   
3. Kandang Postal : Kandang jenis ini hampir sama dengan kandang ren, karena dapat berisi lebih dari satu bebek. Bahkan satu petak kandang dapat berisi ratusan ekor bebek. Tergantung dengan luas lokasi. Sangat menghemat tempat karena wadah pakan dan telur terdapat di dalam kandang, sehingga lebih mudah dalam pemberian pakan. Usahakan jika anda menggunakan jenis kandang ini, buatlah dengan tinggi maks 2 meter, agar lebih mudah dalam panen dan pemberian pakan. Jenis kandang postal cocok untuk pembesaran itik pedaging/konsumsi. (berbagai sumber)

Kementan Minta Peternak Menerapkan Prinsip Animal Welfare

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid