logo


DPR: Pengoplos Beras Merugikan Dunia Usaha

Tindakan curang pengoplos beras sangat mengganggu dunia usaha di Tanah Air karena mempermainkan harga sesuka hatinya

26 Oktober 2016 11:26 WIB

Aktivitas perdagangan beras di Pasar Induk Beras Cipinang.
Aktivitas perdagangan beras di Pasar Induk Beras Cipinang. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Langkah Bareskrim Polri menguak pelaku pengoplos beras mendapat apresiasi dari banyak pihak. Pasalnya, langkah para pedagang yang melakukan pengoplosan beras sangat merugikan dunia usaha dan juga merugikan negara.

"Kita sangat apresiasi langkah Bareskrim Polri. Tetapi kita juga minta supaya pengusutannya jangan setengah-setengah harus tuntas sampai ke akar-akarnya," tutur Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin, di Jakarta, Rabu(26/10).

Lebih lanjut Akmal mengatakan, tindakan curang pengoplos beras sangat mengganggu dunia usaha di Tanah Air karena mempermainkan harga sesuka hatinya. Selain itu, perilaku tersebut juga sangat menyusahkan masyarakat.


Berantas Mafia Pengoplos Beras, Koperasi Jadi Andalan

Karenanya, Akmal berharap hukuman yang diberikan kepada para pelaku setimpal, agar bisa memberikan efek jera bagi yang lain.

"Kami berharap hukumannya harus bisa memberikan efek jera kepada masyarakat yang suka bermain-main dengan hasil pangan," tukasnya.

Diketahui, sebelumnya Dewan Pimpinan Pusat Aliansi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (Appsindo), Hasan Basri, mengatakan bahwa para tindakan mengoplos beras merupakan perilaku yang tidak dibenarkan dalam persaingan usaha. Pasalnya, langkah tersebut sangat merugikan para pelaku usaha lain yang sampai saat ini masih bekerja secara jujur dan menggantungkan hidup sepenuhnya pada sektor usaha pasar.

Oleh karenanya ia berharap pihak berwajib bisa mengusut tuntas kasus pengoplosan beras tersebut, karena menurutnya pengoplosan beras hanya dilakukan oleh oknum tertentu dan bukan semua pelaku usaha beras.

Mentan Minta Pelaku Pengoplos Beras Dihukum Seberat-beratnya

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana