logo


“Pelaku Pengoplos Beras Harus Ditindak Tegas!”

Akmal meminta kepada para penegak hukum agar tidak melakukan tawar menawar soal hukum.

26 Oktober 2016 10:45 WIB

Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin.
Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin. fraksidpr.pks.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin, meminta penegak hukum untuk mengusut tuntas para pelaku pengoplosan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

"Para pelaku pengoplos beras harus ditindak tegas supaya menimbulkan efek jerah bagi yang lain," kata Akmal di Jakarta, Rabu(26/10).

Lebih lanjut Akmal meminta kepada para penegak hukum agar tidak melakukan tawar menawar soal hukum.


Mentan Minta Pelaku Pengoplos Beras Dihukum Seberat-beratnya

"Kalau sudah dinyatakan salah secara hukum harus ditindak tegas," lanjut Akmal.

Menurutnya, karena langkah penindakan hukum di Tanah Air saat ini masih sangat lemah, maka para pelaku mafia beras di lapangan dan juga di Badan Usaha Logistik (Bulog) sendiri semakin merajalela.

"Kasus-kasus beras ini kan sebenarnya permainan lama, hanya baru sekarang diungkap saja ke publik. Kita berharap kalau sekarang sudah dimulai pengusutan kasus beras, harus terus dilanjutkan sampai tuntas, jangan setengah-setengah," ujarnya.

Ia menjelaskan, Komisi IV DPR RI yang memegang fungsi pengawasan akan menanyakan langsung kepada pihak berwajib, Bareskrim dan Bulog terkait dengan proses penanganan kasus-kasus tersebut.

"Kita akan tanyakan ke pihak Bulog terkait fungsi pengawasan yang dilakukan pihak Bulog dalam penyebaran beras tersebut, karena Bulog memiliki bayak mitra di tingkat bawah. Sejauh mana langkah pengawasan Bulog terhadap mitra-mitranya, itu yang akan kita tanyakan," ujar Akmal.

Akmal pun berharap, dengan adanya penangkapan tersebut, nantinya pihak Bulog akan lebih hati-hati dan teliti dalam memilih mitranya di tingkat bawah.

"Bila perlu harus ada kriteria-kriteria khusus, serta dilakukan pengawasan yang ekstra ketat sehingga meminimalisir langkah oplosan," tukas Akmal.

Kepala Bulog Jadi Tersangka Kasus Beras Oplosan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana