logo


DPR Kecewa Anggaran Subsidi Pupuk Dipangkas Rp 3,26 Triliun

Ketua Komisi IV DPR RI Eddy Prabowo berharap adanya pemotongan anggaran untuk subsidi pupuk bukan menjadi alasan bagi pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian untuk menurunkan angka produksi.

24 Oktober 2016 16:37 WIB

Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo.
Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo. dok. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Komisi IV DPR RI Eddy Prabowo berharap adanya pemotongan anggaran untuk subsidi pupuk bukan menjadi alasan bagi pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian untuk menurunkan angka produksi.

“Turunnya anggaran untuk pupuk subsidi ini bukan menjadi alasan untuk menurunkan kinerja dan produktivitas. Produksi harus tetap maksimal dan kesejahteraan rakyat harus tetap terjaga,” demikian kata Ketua Komisi IV DPR RI Eddy Prabowo di Jakarta, Senin (24/10).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Komisi IV DPR RI sebenarnya sangat tidak menginginkan adanya pemotongan anggaran subsidi pupuk, karena hal ini sangat bersentuhan langsung dengan kebutuhan mendasar para petani.


Sekjen Kementan: Realisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Sudah Mencapai Rp 10 Triliun

“Petani itu kan butuh pupuk, agar produksinya bisa meningkat,” katanya.

Ia juga menegaskan bahwa adanya pemotongan anggaran untuk subsidi pupuk ini sifatnya hanya sementara dan dalam pembahasan anggaran berikutnya akan kembali dimasukkan usulan dari pemerintah.

“Yang kita tuntut dari pemerintah adalah bagaimana agar konsistensi produktivitas di sektor pangan ini terus dijaga dan harus ditingkatkan,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada saat ini Banggar DPR memberikan pemotongan anggaran untuk subsidi pupuk sebesar Rp 3,26 triliun dengan volume pupuk bersubsidi sebanyak 1 juta ton. Namun Eddy Prabowo menjelaskan bahwa dalam pembahasan pemotongan anggaran tersebut pihak Banggar tetap akan memberi kemungkinan agar anggaran yang semula diusulkan oleh pemerintah bisa di setujui.

“Yah mungkin dalam pembahasan berikutnya,” tukasnya.

Mentan: Penyaluran Pupuk Besubsidi Sudah Berjalan Lancar

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan