logo


Ingatkan Budaya Leluhur ke Generasi Muda, ISI Surakarta Adakan Kampung Seni

Kampung Seni ISI Surakarta merupakan wadah ekspresi dan apresiasi seni di kalangan mahasiswa seni rupa dan desain yang diwujudkan dalam beberapa kegiatan

24 Oktober 2016 16:43 WIB

Kampung Seni di Kampus II ISI Surakarta, Jalan Ring Road Mojosongo Solo, Jawa Tengah.
Kampung Seni di Kampus II ISI Surakarta, Jalan Ring Road Mojosongo Solo, Jawa Tengah. Jitunews/Miftahul Abrori

SOLO, JITUNEWS.COM – Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta mengadakan Kampung Seni selama dua hari, yakni pada tanggal 22 dan 23 Oktober 2016 di Kampus II ISI Surakarta, Jalan Ring Road Mojosongo Solo, Jawa Tengah.

Mimin Kurniawati, selaku Ketua Panitia, mengatakan, Kampung Seni ISI Surakarta merupakan wadah ekspresi dan apresiasi seni di kalangan mahasiswa seni rupa dan desain yang diwujudkan dalam beberapa kegiatan, seperti Pameran Karya Instalasi Seni, Bazar Seni, Workshop Studio Seni dan Pentas Seni.


Solo Batik Fashion 2016 Kukuhkan Solo Sebagai Ibu Kota Batik

“Tema yang diangkat adalah Folklor “Akar Air”. Di zaman modern ini banyak anak muda yang lupa budaya leluhur. Kita berusaha mengingatkan kembali lewat tema tersebut,” katanya kepada Jitunews.com, Minggu (23/10).

Mahasiswi semester tiga prodi Desain Komunikasi Visual ISI Surakarta itu menjelaskan, Akar Air adalah wujud dimana ada akar di situ ada air sebagai sumber kehidupan. Para mahasiswa mengejewantahkan tema tersebut melalui karya berupa lukisan, seni keramik dan fotografi.

“Karya yang dipamerkan di Kampung Seni ini selain berasal dari Mahasiswa ISI Surakarta, juga dari mahasiswa kampus lain, seperti dari Malang,” tegasnya.

Acara juga dimeriahkan dengan lomba mural, demo batik abstrak, fashion show, dan performing musik. Mimin berharap, ke depannya acara tahunan tersebut berjalan lebih meriah. Apalagi tahun ini kepanitian dipegang oleh mahasiswa, sehingga materi acara lebih mencair dan tidak terlalu formal.

“Baru tahun ini acara dipegang mahasiswa, sebelumnya dipegang dosen. Acara menjadi lebih menarik dan asyik dan tidak terlalu formal,” pungkasnya.

'BikUNS' Karya UNS Solo Siap Diproduksi Massal

Halaman: 
Penulis : Miftahul Abrori, Riana