logo


Mentan Akan Rapat dengan Komisi IV, Pemotongan Anggaran Pupuk Jadi Sorotan

Pasalnya, dengan adanya pemotongan anggaran untuk pupuk, ditakutkan akan sangat berdampak pada capaian semangat swasembada pangan.

24 Oktober 2016 12:29 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi IV DPR RI akan mengadakan rapat kerja dengan Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, Senin (24/10) siang. 

Dalam rapat tersebut, isu pemotongan anggaran pupuk menjadi sorotan utama. Pasalnya, dengan adanya pemotongan anggaran untuk pupuk, ditakutkan akan sangat berdampak pada capaian semangat swasembada pangan.

Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khoerun, menggarisbawahi bahwa pemotongan anggaran sektor pertanian seharusnya tidak menurunkan semangat pemerintah dalam menyukseskan target swasembada pangan.


Mentan: Penyaluran Pupuk Besubsidi Sudah Berjalan Lancar

Namun menurutnya, pemotongan anggaran pupuk tersebut akan berdampak langsung pada masyarakat terutama dalam meningkatkan produksi pangan.

"Pupuk ini sangat dibutuhkan masyarakat. Harapan kita, anggaran untuk pupuk ini jangan dipotong lagi," tutur Herman, di Jakarta, Senin (24/10).

Karena menurutnya, pupuk adalah kebutuhan yang sangat penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

"Petani kita sangat membutuhkan pupuk, kalau terus dikurangi anggarannya, akan sangat menyulitkan petani," ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI, Hamdani, mengingatkan Menteri Pertanian untuk melakukan pengawasan yang baik terhadap proses penyaluran pupuk subsidi kepada masyarakat.

"Pemerintah harus bisa menjamin bahwa proses penyaluran pupuk subsidi bisa terus dikawal sehingga bermanfaat bagi masyarakat," kata Hamdani.

Untuk diketahui, rapat kerja dengan Mentan akan diselenggarakan di ruang rapat Komisi IV, Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, mulai pukul 14.15 WIB. Rapat ini dipimpin oleh Ketua Komisi IV, Herman Khoerun.

Perluasan Lahan, Pupuk Indonesia Mengaku Siap Mendukung

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana