logo


Produksi Pangan Naik, Mentan: Terima Kasih, Petani!

Mentan mengatakan bahwa saat ini dari realisasi produksi beras berdasarkan Angka Ramalan (Aram II), sudah mencapai 79 juta ton.

21 Oktober 2016 11:45 WIB

Menteri pertanian Amran Sulaiman melakukan panen raya jagung integrasi kelapa sawit di Kabupaten Pasaman Barat, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Sumatera Barat, Jumat (27/5/2016). Turut mendampingi Bupati Pasaman Barat, Syahiran.
Menteri pertanian Amran Sulaiman melakukan panen raya jagung integrasi kelapa sawit di Kabupaten Pasaman Barat, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Sumatera Barat, Jumat (27/5/2016). Turut mendampingi Bupati Pasaman Barat, Syahiran. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, mengatakan, saat ini produksi pangan tanah air mengalami peningkatan cukup signifikan.

Mentan menegaskan bahwa kenaikan produksi tersebut tidak terlepas dari upaya dan kerja keras para petani Indonesia.

“Kita harus berterima kasih kepada para petani kita,” tutur Mentan Amran di Jakarta, Jumat (21/10).


Ini Jurus Jitu Menteri Amran Tingkatkan Produksi Pangan Nasional

Mentan menjelaskan, untuk dapat melihat secara jelas dan mendalam peningkatan produksi sektor pangan ini, kita harus membandingkan secara apple to apple dengan bencana El Nino pada tahun 1997-1998 lalu. Pasalnya, pada tahun tersebut Indonesia melakukan impor beras hingga 12 juta ton.

“Sementara sekarang, pada tahun 2015-2016, kita juga mengalami El nino dan diikuti La Nina yang dampaknya jauh lebih dahsyat daripada tahun 1997-1998. Di samping itu, jumlah penduduk saat ini jauh lebih banyak dibandingkan 1997-1998. Namun, kita hanya melakukan impor 1,1 juta ton dan itu pun hanya untuk beras cadangan. Kalau kita ikut tradisi tahun 1997-1998 seharusnya kita bisa impor beras hingga 15 juta ton, karena penduduk kita bertambah,” ungkap Mentan.

Lebih lanjut Mentan mengatakan, saat ini dari realisasi produksi beras berdasarkan Angka Ramalan (Aram II), sudah mencapai 79 juta ton.

“Ini sangat luar biasa, ini meleset dan melesetnya justru naik dari target kita sebelumnya. Kita menargetkan pada Aram II 76 juta ton, sekarang justru 79 juta ton,” tukas Mentan.

 

Program Strategis Pemerintah Mampu Tingkatkan Produksi Pangan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana