logo


Mentan Pastikan Impor Daging Kerbau India Berlanjut

Upaya ini dilakukan untuk menjaga ketersediaan protein hewani yang murah dan berkualitas

20 Oktober 2016 14:54 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, menegaskan bahwa pemerintah akan melanjutkan impor daging kerbau asal India. Menurut Amran, upaya tersebut dilakukan untuk menjaga ketersediaan protein hewani yang murah dan berkualitas bagi masyarakat.

“Pada pertemuan tadi, kita sepakati untuk melanjutkan impor daging kerbau asal India ke Indonesia,” kata Amran, Kamis (20/10), usai bertemu Kedubes India, di Jakarta.

Menurut Amran, pemenuhan kebutuhan protein hewani bagi masyarakat menjadi prioritas pemerintah saat ini. Pasalnya, hingga saat ini konsumsi protein hewani di tanah air masih rendah yakni hanya mencapai 2,5 kg per tahun, sementara negara tetangga sudah mencapai 25 kg daging per tahun.


Pembatasan Kuota Sapi Bakalan dan Indukan, Belum Menyelesaikan Masalah

Melihat hasil impor daging kerbau sebelumnya, tambah Amran, permintaan perusahaan dan pasar terhadap daging kerbau dari India cukup tinggi. "Permintaan tinggi, sehingga akan kita lanjutkan upaya impor ini," ucapnya.

Untuk diketahui, sampai saat ini pemerintah telah mengeluarkan izin impor daging kerbau bagi Bulog sebanyak 70.000 ton, dan prosesnya dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun ini (2016).

Mentan: Indonesia Mampu Kembangkan Sapi Berbobot 1,5 Ton

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro
 
×
×