logo


Awas, Jangan Pernah Simpan Tomat dalam Kulkas Ya!

Kata Klee, kulkas akan membuat gen tomat "kedinginan"

19 Oktober 2016 12:00 WIB

modernfarmer

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Banyak kesalahan yang kerap terjadi di dapur. Diantaranya adalah menyimpan semua bahan makanan, termasuk tomat, di dalam kulkas. Padahal, menyimpan tomat dalam kulkas akan menghilangkan aroma tomat itu sendiri lho!

Harry Klee dari University of Florida juga mengungkapkan, tomat memang tak ditakdirkan untuk disimpan di kulkas. Kata Klee, kulkas akan membuat gen tomat "kedinginan". Hasil riset Klee itu pun telah dipublikasikan di Proceeding of the National Academy of Sciences.

Dalam risetnya, Klee melakukan analisis pada gen tomat sebelum dan selama disimpan di kulkas serta yang dikembalikan lagi ke suhu ruangan, lalu meminta sejumlah orang mencicipi rasanya.


Teknis Jitu Ektraksi Pasca Panen Tomat, Cek di Sini!

Ia mengungkap, suhu di bawah 12 derajat celsius memicu proses metilasi DNA, proses penambahan gugus metil pada molekul DNA. Metilasi itu mempengaruhi aktivitas gen, membuat produksi enzim tertentu terganggu. Akibatnya, produksi senyawa yang membuat tomat lebih terasa manis dan beraroma segar terganggu.

“Penyimpanan selama satu hingga tiga hari kulkas takkan menghilangkan aroma. Namun, penyimpanan selama seminggu baik di kulkas rumah maupun pendingin di supermarket akan menghilangkan kesegaran,” tutur Klee.

Lanjut Klee, mengembalikan tomat yang telah disimpan di kulkas ke suhu ruangan juga tak membantu. Tomat tetap kehilangan aroma segarnya. Hasil ini dikonfirmasi juga lewat tes aroma dan rasa yang melibatkan 76 orang.

Sementara itu, menurut Harold McGee, penulis buku On Food and Cooking, ada trik tertentu untuk menyimpan tomat agar lebih tahan lama dan segar, di antaranya:

Simpan pada suhu ruangan. Tomat berasal dari iklim hangat oleh karenanya tomat harus disimpan dalam suhu ruang. McGee mencatat bahwa menyimpan tomat dalam lemari es hanya akan merusak kualitasnya, mulai dari warna, tekstur, dan rasanya. Menyimpan tomat dalam lemari es juga akan menghambat enzim alami yang terkandung dalam buah tomat.

Tutup bagian batangnya. Beberapa tomat segar masih memiliki batang yang melekat pada buah. Batang ini bisa memengaruhi usia simpan tomat. Ambil isolasi lalu tutup bagian ujung batang tomat hingga tertutup rapat. Cara ini dapat menghentikan proses penuaan buah tomat dengan cepat. 

Simpan terbalik. Buah tomat akan bertahan segar lebih lama jika disimpan dengan cara terbalik, yakni bagian pangkal buah diletakkan di bagian dasar wadah. Proses oksidasi akan berkurang jika pangkal buah tomat terlindungi dari udara sekitar. Simpan tomat di wadah yang terbuka agar tomat tidak cepat busuk karena suhu yang panas.
Nah, semoga informasinya bermanfaat ya!

Cek, Ini Langkah Mudah Membuat Rumah Pembibitan Tomat

Halaman: 
Penulis : Riana