logo


Cara Jitu Menumbuhkan Jiwa Pemimpin Dalam Diri

Seorang harus berani mengambil sebuah resiko untuk menumbuhkan jiwa pemimpin.

18 November 2014 13:12 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM-Dalam dunia kerja, seorang atasan memang harus memiliki jiwa Pemimpin yang baik. Sebabnya, atasan harus bisa mengatur semua anak buahnya agar mampu bekerja dengan baik. Mulai dari mengetahui karakter paraanak buahnya, pembagian tugas yang adil, hingga bertindak tegas jika ada anak buah yang melakukan kesalahan kerja.

Namun semua hal tersebut belum tentu bisa dan mulus dilakukan oleh seorang atasan yang baru diangkat. Oleh karena itu, seorang atasan baru perlu mengetahui cara-cara menumbuhkan jiwa Pemimpin yang baik. Dan ini adalah beberapa cara jitu menumbuhkan jiwa Pemimpin dalam diri :

1. Ambillah Resiko
Seorang harus berani mengambil sebuah resiko untuk menumbuhkan jiwa Pemimpin. Pasalnya, dalam dunia ada 3 elemen penting yang harus diketauhi yakni Sasaran, Resiko, Konsekuensi. Dengan adanya ketiga hal tersebut seorang atasan akan mampu menghasilkan sesuatu yang terbaik untuk semua, baik perusahaan ataupun anak buahnya.

2. Jadilah Orang yang Inovatif
Untuk menumbuhkan jiwa Pemimpin, seseorang harus bisa berpikir inovatif. Maksudnya adalah memikirkan cara yang efektif dan belum pernah digunakan sebelumnya ketika menghadapi sebuah persoalan. Untuk mendapatkan sesuatu yang inovatif, seorang atasan wajib belajar hal-hal baru dan mampu bertindak dengan dasar, untuk menjadi lebih baik.

3. Milikilah Harapan
Semakin banyak memikirkan apa yang bisa dicapai, maka akan semakin banyak pula yang bisa tercapai. Milikilah harapan yang paling tinggi. Visi yang tinggi dari seorang Pemimpin akan membawa ke arah yang jelas, dimana jalan yang harus ditempuh. Selain itu, mau belajar menjadi sosok yang visioner dengan berfikir dan bertindak selangkah lebih maju

4. Peliharalah Sikap Positif
Dunia menyukai dan tertarik kepada orang yang memiliki sikap positif. Mereka yang tidak begitu hanya akan bergulat dengan masalahnya saja. Sebaliknya, orang yang berpikiran positif selalu berpikir optimis. Sifat optimisme tinggi memang harus dimiliki seorang Pemimpin. Hal tersebut karena Pemimpin adalah sosok motivator. Namun jika Pemimpin sudah pesimis, maka hilanglah kepercayaan dari anak buah.

5. Selalu Berada di Depan
Anda tidak akan bisa memimpin dari belakang, sesuai dengan yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantoro yakni " Ing Ngarso Sung Tulodho", yang memiliki pengertian pemimpin itu berada di depan dan mampu memberi teladan yang baik kepada anak buah atau pengikut.

 


Pria Ini Bikin Sepeda dari Sayuran, Kok Bisa?

Kocak, Benda Ini Menjadi Alarm Gempa

Halaman: 
Penulis : Hasballah