logo


Belum Ada Permintaan Impor, Harga Beras, Cabai, dan Bawang Terkendali

Ketersediaan bahan kebutuhan pokok masih terbilang aman

18 Oktober 2016 15:06 WIB

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjawab pertanyaan awak media saat pameran Trade Expo Indonesia 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (12/10/2016).
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjawab pertanyaan awak media saat pameran Trade Expo Indonesia 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (12/10/2016). Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Dalam waktu dekat ini pemerintah menegaskan, tidak akan melakukan upaya impor untuk kebutuhan pokok di dalam negeri. Hal itu disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita.

Menurut Enggar, ketersediaan bahan kebutuhan pokok masih terbilang aman. Bahkan, lanjut Enggar, sampai dengan saat ini belum ada yang mengajukan permintaan impor.

"Ngapain lagi impor barang banyak. Orang yang impor aja enggak ada yang mau gimana, sampe sekarang enggak ada permintaan impor," tegas Enggar, Selasa (18/10), di Kementerian koordinator bidang Perekonomian, Jakarta.


Rencana Impor Beras dan Bawang Bulog Dinilai Tergesa-gesa

Diterangkan Enggar, hasil rapat koordinasi bersama Menko Darmin hari ini cukup baik. Pengendalian harga berjalan efektif dan pasokan pangan pun terkendali. "Beras oke, cabai aman, bawang aman, (harganya) bawang bagus," tambah Enggar.

Meski begitu, Enggar mengakui, belakangan ini harga cabai mengalami kenaikan. Faktor utama kenaikan harga cabai adalah curah hujan.

"Cabai naik karena hujan, setiap hujan ini orang enggak mau panen, stok banyak, tadi dicek Dirjen Holtikultura stok banyak," cetus Enggar.

Mentan: Beras Organik Menjadi Potensi Ekspor Indonesia

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro