logo


Daun Mangkokan Benteng Rambut Rontok

Diklaim Diah, temuannya tersebut bisa jadi penyubur rambut alami

14 Oktober 2016 11:31 WIB

Daun Mangkokan.
Daun Mangkokan. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tak salah apabila rambut dianggap sebagai sebuah mahkota bagi seseorang, sebab ia sangat berpengaruh terhadap penampilan. Jatuhnya setiap helai rambut tentu akan membuat penampilan terlihat buruk. Nah, untuk mencegah masalah rambut tersebut, ternyata bisa mengunakan bahan-bahan alami lho. Salah satunya adalah daun mangkokan. 

Khasiat jitu daun mangkokan untuk mengatasi rambut rontok ini baru-baru ini ditemukan oleh Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Siti Sa'diah. Bersama ketiga rekannya, wanita yang akrab disapa Diah itu menamai hasil risetnya itu D2N.

“Nama D2N diambil dari inisial huruf kami yang menciptakannya. Diah (Siti Sa'diah), Dwi dan Nina,” terang Diah, dikutip dari jpnn, Jumat (13/10). 


Seberapa Besar Peluang Herbal Menggantikan Obat Kimia?

Diklaim Diah, temuannya tersebut bisa jadi penyubur rambut alami. Karena dalam uji coba yang dilakukan kepada dua ekor kelinci yang sengaja digunduli, ternyata ada perbandingan dari kedua kelinci yang salah satunya memakai sari daun mangkokan dan yang satunya tidak. 

“Pengujian klinik yang baik itu harus dengan tata cara yang benar. Tapi sampai saat ini belum ada yang sudah pakai merasa gatal atau iritasi,” beber Diah.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kata Diah, harus melewati beberapa proses ekstraksi. Tahap yang pertama, daun tersebut direndam dalam satu pelarut. 

Setelah itu zat aktif yang dihasilkan dari ekstraksi diambil, kemudian diuapkan lagi sehingga keluar sari. 

“Setelah sari tersebut didapatkan, barulah proses ekstraksi selesai dan sudah bisa digunakan,” ujar Diah.

Untuk bisa menghasilkan satu kg sari mangkokan, diperlukan 10 kg daun kering. Diah mengaku kesulitan mendapatkan daun yang bernama Latin Nothopanax scutellanium itu karena sampai saat ini tidak ada yang membudidayakan daun tersebut. 

“Meskipun susah nyari bahan baku, tapi saya tetap coba produksi dengan skala terbatas. Juga sebagai bentuk uji coba kepada masyarakat yang memakainya,” pungkas Diah. 

Bubuk Herbal ‘Ajaib’ Ini Bisa Tekan Kematian Unggas Akibat Flu Burung

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×