logo


Layanan Terpadu PTSA Ketenagakerjaan Tidak Memungut Biaya

Guna mempercepat dan memperlancar layanannya, PTSA juga memanfaatkan teknologi informatika secara online.

13 Oktober 2016 20:00 WIB

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Layanan Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) dapat dimanfaatkan oleh stakeholders ketenagakerjaan, seperti pekerja/buruh, pencari kerja, TKI, TKA, perusahaan maupun masyarakat umum yang membutuhkan pelayanan ketenagakerjaan secara terintegrasi dari unit-unit kerja di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker)  tanpa dipungut biaya.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dakhiri, sudah meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) Ketenagakerjaan yang terletak  di lantai I Blok B Gedung Kemenaker Jakarta Selatan, kemarin. menjelaskan, PTSA  memberikan pelayanan bidang ketenagakerjaan yang cepat, mudah, murah, pasti, transparan, akuntabel dan terjangkau kepada masyarakat.   

Dengan begitu, terwujud pelayanan yang efektif, efisien dan berkualitas kepada masyarakat. Dalam pelaksanaan PTSA, masyarakat akan dapat memanfaatkan berbagai jenis layanan ketenagakerjaan yang terhimpun dalam satu atap.


Gogobli.com Ramaikan Pasar E-Commerce Indonesia

"Sehingga, akan memudahkan bagi pihak-pihak yang membutuhkan," ujarnya.   

Diungkapkannya, masyarakat yang membutuhkan pelayanan ketenagakerjaan hanya perlu ke ruang PTSA. Selanjutnya, dia akan dilayani oleh petugas PTSA dan akan diarahkan ke petugas booth sesuai dengan jenis pelayanan yang diinginkan.   

Untuk jenis layanannya mencakup pelayanan data dan informasi ketenagakerjaan, pelayanan penyusunan Rencana Tenaga Kerja Daerah  (RTKD) atau Rencana Tenaga Kerja Nasional (RTKN), perizinan penyelenggaraan pemagangan di luar negeri, pemberian surat rekomendasi pemberangkatan peserta pemagangan ke luar negeri, jelasnya.

Selain itu, lanjut Menake, tersedia juga layanan pemberian surat rekomendasi perpanjangan surat izin pelaksana penempatan TKI, tata cara penerbitan perpanjangan surat izin pelaksana penempatan TKI, tata cara penerbitan perubahan surat izin pelaksana penempatan TKI, tata cara pencairan deposito pelaksana penempatan TKI, pelayanan pendaftaran perizinan kerja bersama dan pelayanan pengesahan peraturan perusahaan.   

Dia mengungkapkan, PTSA memiliki motro CERDAS (Cakap, Efisien dan Efektif, Ramah, Disiplin, Akuntabel dan Sopan). Ini dinilai  lebih cepat dalam melayani anggota masyarakat, karena hanya dalam hitungan detik tiket antrian sudah didapatkan untuk memperoleh pelayanan yang diperlukan.   

Guna mempercepat dan memperlancar layanannya, PTSA  juga memanfaatkan teknologi informatika secara online dengan baik seluruh tahapan proses pelayanan, baik waktunya dari detik ke detik maupun petugas penanggung jawabnya dari level P0 di petugas booth. P1 di Sekretariat Unit Kerja Eselon 1, maupun P2 di Unit Kerja Eselon 2 yang bersangkutan. Ini akan meminimalisir pertemuan tatap muka petugas di semua level dengan anggota masyarakat, yang memerlukan pelayanan, (budi seno)

Tak Sekedar Hadir, Gogobli.com Langsung Tawarkan Komitmennya

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah,Yusran Edo Fauzi