logo


Cek, Ini Bahan Alami Penangkal Kentut Bau!

Adas termasuk salah satu solusi tepat untuk atasi kentut berbau

13 Oktober 2016 17:54 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kentut bau dapat menjadi sumber utama rasa malu, tidak hanya untuk orang yang kentut, tetapi juga bagi orang di sekitar mereka. Lantas, apa yang menyebabkan kentut itu bau?

Dikutip Dailymail, salah satu penyebab kentut berbau busuk disebabkan oleh makanan yang mengandung karbohidrat. Pasalnya, ketika karbohidrat tidak diserap dengan baik di dalam usus, maka sisa partikel tersebut membuat karbo berfermentasi dan menghasilkan bau tak sedap.

“Bau busuk biasanya disebabkan karena karbohidrat tidak diserap dengan baik,” kata Dr Myron Brand selaku ahli gastrologi.


Menguak Kehebatan Jinten Sebagai Obat Herbal Alami

Nah, agar kentut Anda tidak berbau busuk, Anda bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi bahan makanan alami, apa saja?

Adas. Adas termasuk salah satu solusi tepat untuk atasi kentut berbau. Dampaknya juga cepat, berkisar 5-10 menit setelah dikonsumsi. Namun kendalanya, adas bisa jadi pengusir kentut berbau busuk jika dikunyah langsung atau bisa juga direndam air panas selama 3-5 menit, lalu minum airnya.

Jahe. Urusan masalah gas di dalam perut, jahe yang jadi juaranya! Rempah ini dikenal sebagai obat herbal untuk masuk angin, perut kembung sampai kentut berbau busuk. Untuk mengatasi kentut berbau busuk, Anda bisa memarut jahe, kemudian rendam dalam air panas selama 10 menit. Air jahe bisa dicampurkan ke minuman teh agar rasanya lebih sedap.

Jinten. Selain jadi bahan alami pengusir kentut berbau. Jinten juga bisa mencegah gangguan pencernaan. Namun bukan jinten bubuk, sebaiknya beli jinten yang masih berupa biji dan rebus dengan air panas sekira 10 menit. Untuk rempah ini bukan airnya yang diminum, melainkan jinten langsung dikunyah agar khasiatnya lebih optimal.

Cuka apel. Selama bertahun-tahun cuka apel terbukti jadi salah satu bahan alami pengusir kentut berbau busuk. Caranya, campur satu sendok makan cuka apel dengan 236 ml air panas dan minum dalam keadaan hangat agar lebih nyaman ditenggorokan.

Daun mint. Gunakan rebusan daun mint untuk mengatasi kentut berbau busuk. Anda bisa mengonsumsi air daun mint ini 2-3 kali dalam sehari. Selain itu, bisa juga menggunakan larutan minyak daun mint dan dicampur air hangat.

Kayu manis. Dikutip dari laman Enkivillage, Kamis (13/10), kayu manis juga bisa mengatasi kentut berbau busuk. Anda bisa merebus 236 mililiter susu kedelai dengan satu sendok makan bubuk kayu manis dan madu selama 5 menit.

Semoga informasinya bermanfaat ya!

Usir Bau Tak Sedap Setelah Memasak dengan Kayu Manis

Halaman: 
Penulis : Riana