logo


Mengenal Lebih Jauh Jenis-jenis Bunga Kamboja

Selain sering disebut adenium, tanaman ini juga kerap disapa Kamboja Jepan

17 November 2014 11:01 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bunga Kamboja atau yang akrab disebut Adenium, dikenal sebagai bunga pemakam. Sebabnya, sebagian besar bunga itu tumbuh di tempat pemakaman atau kuburan. Selain sering disebut adenium, tanaman ini juga kerap disapa Kamboja Jepang. Banyak mengira nama kamboja jepang berasal dari jepang, padahal bunga ini bukan berasal dari Jepang, melainkan berasal dari Asia Barat dan Afrika.
Bila dilihat dengan kasat mata, tanaman ini memiliki daun dengan beragam bentuk, ada yang lonjong, runcing, kecil, besar, berbulu halus, dan ada yang tanpa bulu. Bentuk bunganya juga ada beberapa jenis, yaitu bentuk seperti terompet, berkelopak lima, bahkan sekarang sudah dikembangkan kelopak yang bersusun dan dapat menyerupai susunan bunga mawar. Tak pelak, ciri-ciri tersebut membuat bunga kamboja memiliki beragam jenis. Dan berikut adalah aneka jenis bunga kamboja :

1. Adenium Windmill
Daunnya panjang, runcing, berbulu, dan berwarna hijau tua. Kelopak bunganya berwarna merah muda dengan semburat putih di tengah kelopak. Pertumbuhanya sedang, maksudnya tidak cepat tetapi tidak juga lambat. Jenis ini rajin berbunga.

2. Adenium Swazicum
Daunnya terdiri dari 2 jenis warna yaitu hujau tua dan hiaju muda, dengan bulu-bulu halus dibagian bawah setiap daun. Bunganya berbentuk seperti bintang.

3. Adenium Waterfall
Bentuk daunnya agak membulat dan berbulu. Warna bunganya merah tua dengan bercak putih. Pertumbuhan bunga ini sedang.

4. Adenium Obesum
Tanaman ini berasal dari Afrika selatan dan populer sebagai tanaman hias di daerah tropis. Jenis daunnya bermacam-macam mulai dari yang kasar hingga yang sangat tipis. Bunga kamboja ini berwarna merah muda dan putih, tetapi ada juga yang berwarna merah pekat. Jenis kamboja ini adalah jenis yang paling sering berbunga.

5. Adenium Multiflorum
Bunga ini terdapat di Afrika bagian selatan di sisi timur. Tanaman ini tinggi dan bercabang dengan daun yang lebar. Bunganya berwarna putih dengan garis merah di pinggirnya. Tanaman ini memiliki masa dorman cukup panjang, dimana tanaman ini akan berbunga tetapi tanpa daun.

6. Adenium White Knight
Daun bunga ini berwarna hiaju tua dan tidak berbulu. Bunganya berwarna putih bersih. Pertumbuhan bunga kemboja jenis ini snagat cepat dan rajin berbunga. Adenium bohemianum Jenis kamboja ini berasal dari Namibia dan Angola. Tanaman kamboja ini bercabang banyak dan merupakan jenis kamboja yang paling besar, tetapi masa tumbuhnya sangat pendek. Warna bunganya putih.

Tips Jitu Agar Tanaman Plumeria Kamboja-Hawai Rajin Berbunga

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah