logo


Jaga Produksi Jagung, KTNA Minta Petani dan Pelaku Industri Pakan Jalin Kerja Sama

Pada saat ini pemerintah tengah mengupayakan adanya kemitraan yang baik antara petani jagung dan para pelaku industri pakan ternak tanah air.

26 September 2016 11:55 WIB

Ilustrasi, petani memanen jagung.
Ilustrasi, petani memanen jagung. Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pada saat ini pemerintah tengah mengupayakan adanya kemitraan yang baik antara petani jagung dan para pelaku industri pakan ternak tanah air.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, Winarno Tohir menilai langkah tersebut sangat penting dan harus dilakukan demi menjaga produksi jagung petani.

Menurut Winarno, langkah kerja sama ini merupakan solusi permanen dari masalah tata niaga pertanian.


Lanud Atang Sendjaja Uji Coba Mesin Potong Jagung

"Adanya kemitraan ini akan memberikan kepastian pasar dan jaminan harga yang menguntungkan petani," demikian kata Winarno Tohir di Jakarta, Senin (26/9).

Ia menjelaskan, pemerintah pada saat ini telah menetapkan harga acuan jagung di tingkat petani Rp 3.150/kg dan di konsumen Rp 2.650-2.750/kg. Menurutnya langkah penetapan harga ini sudah sangat sesuai dan bisa menguntungkan para petani jagung, serta juga menguntungkan konsumen.

Dalam langkah kerja sama tersebut, kata Winarno, setiap Industri pakan ternak wajib membina petani sehingga produksinya berkualitas.

"Kalau ada langkah pendampingan ini maka tidak ada lagi keluhan, bahwa jagung produksi petani tidak berkualitas. Dan ke depan semua jagung petani bisa diserap oleh industri pakan ternak," katanya.

Untuk diketahui, pada tahun 2015 lalu, Indonesia mampu menekan impor jagung sebesar 60% dan Januari-Juli 2016 turun 56%. Pasalnya untuk produksi jagung di daerah-daerah saat ini terus mengalami peningkatan 40-60%. Targetnya Kebijakan dan program peningkatan produksi jagung secara masif ini, dalam target pemerintah optimis bahwa pada 2017 indonesia sudah tidak impor jagung.

Kementan Mengklaim Ketersediaan Jagung Nasional Aman Hingga Akhir Tahun

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan