•  

logo


Pasca Insiden Pesawat Tergelincir, Bandara Halim Perdanakusuma Telah Kembali Beroperasi

Penerbangan yang sempat terlambat sudah proses boarding

26 September 2016 00:16 WIB

Ilustrasi pesawat Learjet milik NAC tergelincir di Halim Perdanakusuma, Minggu (26/9)
Ilustrasi pesawat Learjet milik NAC tergelincir di Halim Perdanakusuma, Minggu (26/9) Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hemi Pamuraharjo, mengungkapkan, Bandar Udara (Bandara) Halim Perdanakusuma Jakarta Timur telah kembali beroperasi pasca insiden pesawat charter Learjet tipe LJ31 dari Yogyakarta tujuan Jakarta yang tergelincir saat mendarat, Minggu (25/9).

"Bandara Halim Perdanakusuma sudah dibuka," ungkap Hemi saat dimintai konfirmasi, Minggu (25/9) pukul 23.00 WIB.

Ia mengatakan, aktivitas penerbangan sudah normal setelah Bandara Halim Perdanakusuma kembali melayani keberangkatan maupun kedatangan pesawat. 


Komisi V Minta Jonan Tanggung Jawab Soal Insiden Tabrakan Pesawat

"Penerbangan yang sempat terlambat sudah proses boarding," tutur Hemi.

Sebelumnya diberitakan, pesawat evakuasi medis (medivac) milik maskapai Nusantara Air Charter yang membawa delapan orang termasuk kru tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (25/9) malam. Peristiwa tersebut terjadi sekiranya pukul 19.48 WIB.

Pesawat tersebut baru terbang dari Yogyakarta untuk misi kemanusiaan dengan membawa seorang pasien. Kedelapan penumpang di dalam tersebut terdiri atas 3 kru, 1 pasien, 2 tim medis, dan 2 pendamping.

General Manager Angkasa Pura II Bandara Halim Perdanakusuma, Kolonel Pnb Abdul Rasyid Jauhari, menjelaskan pesawat tersebut tergelincir disebabkan karena intensitas hujan yang cukup lebat pada saat penerbangan terjadi.

“Sejauh ini kronologi karena pesawat pada saat landing kan hujan lebat, entah kenapa pesawat itu tergelincir,” ungkap Rasid, Minggu (25/9).

Rasyid pun mengatakan, seluruh penumpang yang dibawa dikabarkan tidak mengalami kecelakaan serius. 

Akibat kejadian ini, Bandara Halim Perdanakusuma ditutup hingga pukul 22.45 WIB. Penutupan bandara ini pun berdampak pada pengalihan beberapa penerbangan yang seharusnya tiba Minggu (25/9) malam .

Setelah Diperingatkan, Pesawat Hercules Malaysia Keluar Wilayah RI

Halaman: 
Penulis : Riana