logo


Beginilah Kemeriahan Festival Payung Indonesia di Solo

FPI 2016 dimeriahkan berbagai acara dengan tema payung, seperti karnaval, tari, musik, fashion show, dan lomba foto. Selain itu juga workshop tari.

25 September 2016 15:12 WIB

Miftahul Abrori

SOLO, JITUNEWS.COM – Aneka payung cantik warna-warni menghiasi sudut-sudut Taman Balekambang Solo. Payung-payung itu berasal dari berbagai negara dan daerah di Indonesia. Hal ini menarik ribuan pengunjung hadir dalam event bertajuk Festival Payung Indonesia (FPI) itu. Tak ayal, banyak pengunjung menjadikan venue indah tersebut sebagai tempat selfie.

Ketua Panitia FPI 2016, Heru Mataya mengatakan, festival diselenggarakan selama tiga hari, yakni pada 24 – 26 September 2016, mulai pukul 09.00 hingga 22.00. FPI 2016 melibatkan 300 penampil dari delegasi 6 negara internasional dan 20 daerah di Indonesia dari berbagai komunitas. Tema yang diangkat yakni Sky Umbrella, Exploring Indonesia.

"Keindahan kain nusantara jadi tema utama dalam desain payung. Berbagai daerah memiliki beragam kreasi payung yang menarik," katanya kepada Jitunews.com, Sabtu (24/9) di Solo.


"La Galigo: The Chaos Within" Dapat Apresiasi dari Atase Pendidikan RI di Singapura

Heru menerangkan, FPI 2016 dimeriahkan berbagai acara dengan tema payung, seperti karnaval, tari, musik, fashion show, dan lomba foto. Selain itu juga workshop tari, workshop melukis payung, sarasehan, serta Workshop World Culture Forum. Tak kalah menariknya Pasar Payung, yang menjual berbagai jenis payung.

"Kami ingin mengenalkan payung sebagai budaya, tidak sekadar pelindung ketika hujan. Payung juga bisa menjadi karya interior, dan meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Di hari pertama, festival ini dihadiri kurang lebih 10 ribu pengunjung. Heru memperkirakan hingga hari terakhir, FPI diharapkan menyedot 30 ribu pengunjung.

Selain Indonesia, event yang didukung Kementerian Pariwisata ini menghadirkan delegasi 6 negara, antara lain Brunei Darussalam, Inggris, Jepang, Jerman, Meksiko, dan Singapura.

Sedangkan Indonesia diwakili Bandung, Denpasar, Lampung, Makassar, Banyumas, Tasikmalaya, Sawahlunto, Bengkulu, Kepulauan Riau, Karanganyar, Boyolali, Klaten, Kendal, Jogja, Semarang, Surabaya, dan Nganjuk.

Happy Wonderland, Acara Seru untuk Ortu dan Anak Persembahan Nestle Lactogrow

Halaman: 
Penulis : Miftahul Abrori, Syukron Fadillah