logo


Benarkah Anies-Uno Bakal Rusak Hegemoni Ahok-Djarot?

Jika konsolidasi keenam parpol akhirnya sepakat mengusung duet Anies-Sandi, maka Pilgub DKI akan semakin menarik.

21 September 2016 16:01 WIB

Sandiaga Uno dan Anies Baswedan.
Sandiaga Uno dan Anies Baswedan. dok. Jitunews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Peta politik terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta kian menarik. Setelah PDIP, NasDem, Hanura, dan Golkar secara resmi sudah mendaftarkan bakal pasangan calonnya, maka menarik menunggu sikap sisa keenam partai politik yang ada.

Koalisi Kekeluargaan, minus PDIP, kini harus memeras otak guna melahirkan paket terkuat untuk melawan Ahok-Djarot.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, menilai, sedikitnya ada dua kemungkinan yang tersisa. Pertama, Head to head antara Ahok-Djarot dengan pasangan yang bakal diusung Koalisi Kekeluargaan, atau beauty contest, ketika Gerindra-PKS bakal berkoalisi, kemudian Demokrat, PPP, PAN, dan PKB membuat koalisi tersendiri.


Kirim Surat ke Mahfud Md, Ferdinand Adukan Anies Baswedan

Meski begitu, Hanta menjatuhkan pilihan Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai pasangan yang bakal memberikan perlawanan kuat terhadap Ahok-Djarot.

"Kalau dilihat tren survei yang berpotensi melawan Ahok tentu Risma, setelah Risma muncul nama Anies Baswedan , Sandiaga Uno, Yusril Ihza Mahendra. Dari tiga nama yang tersisa itu yang kuat prospeknya adalah Anies, Sandi, dan Yusril. Kalau Anies-Sandi bertemu di margin of error, artinya imbang kekuatannya. Kalau Yusril-Sandi agak jauh," demikian ucapnya kepada media, Rabu (21/9).

Jika koalisi kekeluargaan yang sampai kini masih terus konsolidasi mengusung duet Anies-Sandi, menurut Hanta, peta politik akan semakin menarik. Pilgub DKI Jakarta pun diprediksi bakal seru.

"Sangat seru. Survei tidak bisa menjelaskan siapa yang menang, kalau membaca tren pasangan ini akan maju sangat kompetitif tapi belum bisa memprediksi siapa pemenangnya. Di luar pasangan itu kemungkinan petahana unggul agak jauh," pungkasnya.

Ucapkan Selamat Ulang Tahun, AHY Harap Anies Berikan yang Terbaik untuk Jakarta

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah