logo


Sejarah Baru, PON XIX Hadirkan Aplikasi Streaming

Aplikasi untuk sistem operasi Android dan iOS bisa diunduh secara gratis di toko aplikasi Play Store dan App Store.

20 September 2016 11:23 WIB

Tampilan aplikasi streaming pertandingan olahraga PON XIX 2016 Jawa Barat.
Tampilan aplikasi streaming pertandingan olahraga PON XIX 2016 Jawa Barat. dok. Jitunews.com

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Untuk mengunduh aplikasi streaming PON 2016 di Play Store, maka pengguna cukup masuk ke halaman utama. Lalu, ketik Pekan Olahraga Nasional (PON 2016). Selepas itu, aplikasi yang dimaksud akan muncul. Lalu tinggal memasang aplikasi yang berukuran sekitar 7 MB tersebut.

Setelah aplikasi terpasang, akan ada beberapa menu. Arahkan ke menu “cabang” Olahraga yang diinginkan. Menu itu terletak persis sebelah kiri menu Home.

Duta PON XIX Jawa Barat, Maria Selena, mengatakan nantinya masyarakat akan diberikan dua pilihan, apakah menonton langsung pertandingan yang disimpan di bagian atas. Kemudian tepat di bawahnya ada menu untuk menonton rekaman pertandingan.


Wagub Jabar Sebut Ada 3 Syarat untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Aplikasi untuk sistem operasi Android dan iOS bisa diunduh secara gratis di toko aplikasi Play Store dan App Store. Rencananya, seluruh pertandingan akan disiarkan di aplikasi ini, namun untuk tahap awal, yang akan diputar secara live baru pertandingan dari sebelas cabang olahraga saja.

Sebelas cabang olahraga dimaksud adalah tinju, atletik, basket, voli indoor, voli pasir, tenis lapangan, tenis meja, akuatik renang, taekwondo, pencak silat dan karate.

"Ini baru pertama kali di sepanjang sejarah even olahraga di tanah air. Pengalaman baru ini akan memberikan kemudahan sekaligus kepuasan bagi masyarakat Indonesia," tutur Maria, di Bandung.

Maria juga memaparkan bahwa PB PON, selain merilis aplikasi tersebut, juga membuat dua aplikasi lainnya. Yang pertama adalah aplikasi bersifat umum terkait pelaksanaan PON XIX dan Peparnas XV 2016 dengan nama PON PEPARNAS JABAR 2016. Menu di aplikasi ini antara lain berita pertandingan, Jabarpedia dan foto.

Adapun satu aplikasi lainnya adalah Game Result PON Jabar 2016. Di sini pengguna dapat melihat antara lain jadwal dan hasil, perolehan medali, cabang olahraga, atlet, kontingen dan venue.

"Semua inovasi ini akan meningkatkan gairah olahraga sekaligus spirit sportivitas antar wilayah di Indonesia. Apalagi, tidak datang pun bisa melihat pertandingan dengan mudah dan efisien," simpul Maria Selena.

Jokowi Sebut Papua Memiliki Kekuatan Sebagai Provinsi Olahraga

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Yusran Edo Fauzi