logo


Aneka Varian Yang Cocok Dijadikan Bunga Potong

Dengan adanya bunga potong, membuat ruangan menjadi indah

14 November 2014 16:20 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebagai penghobi tanaman hias, kegemaran menanam bunga merupakan salah satu cara agar suasana rumah terlihat lebih segar. Namun tidak semua penghobi, melampiaskan kegemaran menanamnya di sudut ruang saja. Beberapa dari mereka justru lebih menyukai rangkaian bunga potong yang terhias cantik sebagai aksesoris tertentu. Oleh karenanya, tak heran jika banyak penjual yang menjual beragam jenis bunga potong untuk kebutuhan tertentu. Mau tahu jenis bunga potong apa saja yang ada di pasaran ? Jika iya, inilah beberapa jenis bunga yang dijual secara potongan :

1. Bunga Anyelir
Bunga yang bentuk ujungnya melebar dengan tepi yang berumbai-rumbai ini memang menawan. Apalagi ditambah dengan warna-warni bunganya yang lembut maka tidak heran kalau bunga ini digemari banyak lagi. Bunga yang asalnya dari Eropa ini harganya relatif mahal. Di Indonesia banyak dijumpai yang warnanya merah, merah muda dan putih, walaupun sebenarnya warnanya bermacam-macam.

2. Bunga Lili
Sosok bunganya seperti corong, berwarna putih dan ada juga yang putih bergaris-garis coklat. Harganya satu kuntum cukup mahal, bisa mencapai Rp. 11.000,00 kalau di Jakarta. Bunga yang asalnya dari Jepang atau Cina ini termasuk Famili Liliaceae (bawang-bawangan) di Indonesia ditanam hanya di daerah dataran tinggi.

3. Bunga Asparaga
Tanaman merambat yang termasuk dalam famili Liliaceae (bawang-bawangan) sebenarnya berbunga putih dan mungil. Tapi daunnya yang kecil dan tersusun rapi ternyata lebih menarik para perangkai bunga. Rangkaian bunga akan tampak lebih menarik kalau dilengkapi dengan daun yang berwarna hijau kelam ini.

4. Bunga Dahlia
Warna bunganya memang berwarna-warni. Ada yang putih, merah, kuning, ungu dan tangerine yang sekarang ini banyak di pasaran. Tanaman yang termasuk dalam keluarga sembung-sembungan (Compositae) ini mudah berbunga sehingga harganya relatif tidak mahal.

5. Bunga Gerbera
Banyak ditanam di daerah pegunungan. Berbentuk bunga tunggal yang bertangkai panjang. Warna bunga gerbera yang di Indonesia memang tidak terlalu banyak, hanya merah tua, merah muda, kuning, putih atau kuning kemerahan. Tanaman yang asalnya dari Afrika yang beriklim sedang dan Asia tropik ini termasuk dalam keluarga Compositae (Sembung-sembungan).

6. Bunga Gladiola
Sebagai bunga potong gladiola memang punya kelebihan, yaitu kesegarannya dapat dipertahankan 5-10 hari. Warnanya pun sebenarnya bermacam-macam. Orang Indonesia biasa menyebutnya bunga gladiol. Bunga yang tersusun dalam tandan dan berbentuk bulir ini kalau di Indonesia banyak dijumpai yang warnanya merah kehitaman, kuning, merah muda, putih dan oranye. Termasuk famili Iridaceae dan banyak ditanam di dataran tinggi. Harganya relatif tidak mahal.

7. Bunga Krisan
Jenisnya ada bermacam-macam, tapi di Indonesia yang lazim ditanam sebagai bunga potong adalah yang bunganya besar dan berwarna putih atau kuning. Kirsan yang termasuk keluarga Compositae harga per kuntumnya relatif mahal. Tanaman yang asalnya dari Eropa di Indonesia ditanam di daerah dataran tinggi.

8. Aster
Bunga berwarna merah, kuning, ungu, putih dan merah muda ini sebagai bunga potong memang sudah tidak asing lagi. Baik untuk rangkaian bunga maupun untuk menyusun huruf-huruf. Tanaman ini cukup rajin berbunga dan bunganya cukup banyak sehingga harganya relatif tidak mahal. Tanaman yang berasal dari Amerika Utara ini termasuk dalam famili Compositae.

9. Bunga Sedap Malam
Bentuknya memang kurang begitu menarik, tapi bunga ini punya kelebihan, yaitu baunya yang harum (terutama pada malam hari) dan kesegarannya dapat dipertahankan 5-10 hari. Ketenarannya sebagai bunga potong tidak diragukan lagi. Bunga yang aslinya dari Mexico dan termasuk dalam keluarga Amaryl lidaceae ini harganya bisa melonjak saat menjelang hari raya.

10. Bunga Kenikir
Disebut juga kembang tahi ayam, karena baunya yang kurang sedap. Bunga yang warnanya kuning atau oranye itu banyak digunakan untuk membuat huruf atau menghias mobil untuk pawai. Hingga bunga yang termasuk famili compositae ini akan laku keras kalau ada peresmian gedung baru atau pada saat ada perayaan 17 Agustus.

 

7 Tips Sukses Berkebun Bunga bagi Pemula

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah
 
×
×