logo


Tuntaskan Krisis Air, Pemprov DKI Mulai Maksimalkan Pemanfaatan Waduk dan Danau

Saat ini Jakarta memiliki sekitar 105 waduk, situ, embung, dan danau

14 September 2016 16:53 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Dalam rangka menuntaskan krisis air di Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana mulai memaksimalkan pemanfaatan aset penampungan air seperti danau, waduk dan situ.

Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan, menyebut, saat ini Jakarta memiliki sekitar 105 waduk, situ, embung, dan danau. Kendati demikian, Teguh mengakui bahwa pemanfaatannya masih kurang dimaksimalkan.

"Sebenarnya kita katakan belum dimaksimalkan di DKI Jakarta. Kita ada 105 waduk, situ, embung, dan danau yang sampai saat ini pemanfaatannya belum maksimal," jelas Teguh, Rabu (14/9), di Kantor Balai Kota Jakarta.


(Ajak) Rutin Lakukan Medical Check Up, Sandi: Ini Bukan Pencitraan Tapi to Give Example

Oleh karena itu, melalui Program Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA), lanjut Teguh, pihaknya akan melakukan pemanfaatan dari hulu hingga hilir terutama di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

"Diharapkan dengan pemanfaatan danau, waduk, situ, dan embung, termasuk daerah aliran sungai dari hulu hingga hilir bisa memberikan kontribusi sehingga tidak terjadi krisis air," ungkap Teguh.

Ditambahkan Teguh, saat ini Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tengah fokus membahas lima kabupaten/kota yang akan diambil sampel airnya melalui waduk atau tempat penampungan lain.

"Bagaimana agar pada saat musim hujan air bisa tertampung dan pada saat musim kemarau ada air untuk diolah. Sehingga tidak lagi terjadi krisis air. Kebetulan Kementerian sedang membahas, kita fokus di lima wilayah kota. Setiap wilayah kota akan diambil sample untuk pilot project program GNKPA," pungkas Teguh.

Mulai Menata PKL Melawai, Sandi: Kita Mau Pemprov DKI Diujungtombaki Lurah dan Camat

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Christophorus Aji Saputro