logo


Jadi PR, DPR Minta Menko Sinergikan Kementan-Kemendag

Persoalan Kementan dan Kemendag merupakan permasalahan klasik

14 September 2016 15:02 WIB

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Andi Akmal Pasluddin.
Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Andi Akmal Pasluddin. fraksidpr.pks.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin, berharap, Menko Perekonomian, Darmin Nasution, dapat mensinergikan kementerian-kementerian di bawahnya, seperti Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Politisi PKS ini menyebut, selama ini antara Kementan dan Kemendag telah terjadi permasalahan yang tak kunjung usai. Pemerintah pun dianggap belum mempunyai cara untuk mengatasi permasalahan ini dengan baik.

"Contohnya, antara Kementan dan Kemendag, saya kira menjadi permasalahan yang klasik. Di satu sisi petani kita sudah semangat untuk berproduksi, tapi di sisi lain mereka mendapatkan masalah, kalau panen, harga di pasaran turun," ujar Akmal, Rabu (14/9), saat rapat kerja dengan Menkopolhukam di Badan Anggaran DPR RI Jakarta.


Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Kemudian, masalah impor bahan pangan terutama daging kerbau dan jagung, Akmal menilai, pemerintah saat ini hanya menjadikan impor sebagai solusi untuk mengatasi kelangkaan, tetapi tidak ada upaya agar impor ini tidak menjadi solusi jangka panjang.

Selain itu, tambah Akmal, apabila impor terus dijadikan sebagai solusi oleh pemerintah, ditakutkan petani dan peternak akan malas melakukan produksi.

"Kita tidak ingin impor-impor terus, sementara petani mendapatkan harga yang tidak baik. Ini harapan kami dari komisi IV DPR. Mudah-mudahan Pak Darmin menemukan solusi yang tepat dengan melakukan koordinasi antara Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian. Ini saya kira tugas terberat Menko Perekonomian. Semoga masalah ini bisa teratasi sehingga petani senang, kebutuhan pangan kita juga tercukupi," tutup Akmal.

Agar Distribusi Pupuk Lancar, Kementan Ingatkan Pemda Segera Percepat Realisasi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Christophorus Aji Saputro