logo


Awas Salah! Ini Ciri-ciri Hewan Kurban yang Sehat

Kesehatan hewan kurban menjadi poin penting yang harus dilewati sebelum hewan tersebut dikurbankan

10 September 2016 16:00 WIB

Penjualan sapi kurban di Mall Hewan Kurban H. Doni, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (26/8).
Penjualan sapi kurban di Mall Hewan Kurban H. Doni, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (26/8). Jitunews/Johdan A.A.P

MEDAN, JITUNEWS.COM – Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Hewan ternak seperti sapi pun kian laris diburu warga untuk dijadikan kurban. 

Bagi Anda yang hendak berkurban, perlu Anda ketahui bahwa kesehatan hewan kurban menjadi poin penting yang harus dilewati sebelum hewan tersebut dikurbankan. 

Kesehatan ini bukan hanya untuk menjaga kesehatan manusia agar tidak tertular penyakit, tetapi lebih dari itu. Hewan kurban yang sehat bisa menjadi sebuah persembahan dan kurban yang layak


Trik Jitu Menanam Bunga Hias Dalam Pot

Petugas Paramedis Distanla Kota Medan, Labuhan Siregar, mengatakan, ada sejumlah tanda-tanda fisik yang bisa dilihat untuk memastikan hewan ternak sehat dan layak digunakan sebagai hewan kurban. 

“Sapi itu dikatakan sehat kalau tidak ada cacat fisik di tubuhnya. Lalu pernapasannya normal dan suhu tubuhnya tidak lebih dari 40 ?C. Selain itu, hewan ternak juga harus cukup umur, seperti untuk sapi harus sudah berusia dua tahun, yang ditandai dengan sudah jatuh gigi,” tutur Labuhan, dikutip dari waspadaonline, Sabtu (10/9). 

Lebih lanjut Labuhan mengatakan, selain kesehatan hewan ternak, pastikan juga ternak yang akan dibeli sudah mendapatkan pemeriksaan dari instansi berwenang, seperti ditandai dengan dokumen pemeriksaan yang dimiliki penjual ternak dan ada tanda ‘S’ di tubuhnya.

Sementara itu, Samsul Effendi Rangkuti, penjual hewan kurban di Jalan Avrost Medan, mengaku mempunyai tanda-tanda sendiri untuk menandai sapi yang sehat.

“Bulunya tidak jingkrak, feces (kotoran) nya tidak cair. Dimana sapi yang sehat juga tidak mengeluarkan cairan dari hidung yang berlebihan, serta memiliki matanya jernih dan tidak berair. Sampai saat ini, Alhamdullilah kita tetap ikuti prosedur yang telah ditetapkan pemerintah. Ini dilakukan agar kenyamanan masyarakat tetap terjaga dengan baik,” pungkas Samsul.

Langkah Jitu Mengukur pH Tanah Untuk Budidaya Tanaman

Halaman: 
Penulis : Riana