logo


Jajaki Bisnis Salon Hewan Kurban, Amelia Raup Laba Menggiurkan

Hewan kurban juga diberi jamu khusus untuk menjaga stamina

9 September 2016 10:00 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

TEGAL, JITUNEWS.COM – Menjelang hari raya Idul Adha, para penjual hewan kurban biasanya berlomba-lomba untuk menarik pembeli.

Namun, penjual kambing di Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat, Tegal, bernama Intan Amelia (29) ini punya cara berbeda untuk menarik minat pembeli. Ia sengaja menyediakan salon untuk kambing kurban.

Seperti dilansir oleh radartegal, Amelia sudah 15 tahun menggeluti usaha penjualan hewan kurban. Menurutnya, usaha itu merupakan bisnis warisan dari mendiang ayahnya.


Kabupaten Lingga Siapkan 100 Hektar Kebun Hijauan Pakan Indigofera

Namun, Amelia memang harus bisa bertahan di tengah persaingan. Karenanya, dalam beberapa tahun terakhir ini, ia pun menyediakan layanan salon kambing.

Dalam menjalankan usahanya, Amelia dibantu sejumlah tenaga harian yang bertugas untuk memberi makan serta merawat puluhan kambing jenis domba Jawa, etawa serta sapi agar tetap gemuk dan sehat saat disembelih.

Bahkan, melalui layanan salon itu pula dia menerapkan cara khusus untuk mempertahankan kondisi kesehatan dan berat badan hewan kurban yang sudah dipesan pembeli.

Dikatakan Amelia, layanan salon hewan kurban itu diawali dengan memandikan kambing atau sapi menggunakan shampo. Hal itu dilakukan untuk mengurangi bau sekaligus menyegarkan kondisi fisik hewan kurban.

Kambing atau sapi yang selesai dimandikan lantas dikeringkan menggunakan pengering disertai pijatan-pijatan. Tujuannya untuk relaksasi agar sapi atau kambing tidak stres.

Selanjutnya, hewan kurban juga diberi jamu khusus untuk menjaga stamina. Jamu khusus itu terdiri atas racikan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, gula merah, lada, garam, dan kunyit yang dihaluskan.

"Ramuan yang diracik itu warisan turun temurun dan sudah mengantongi sertifikat resmi dari Dinas Kelautan dan Pertanian yang melegalkan jamu," tutur Amelia.

Karenanya, Amelia memiliki pelanggan setia berkat layanan salon hewan kurban itu. Menurutnya, pelanggan menganggap layanan tambahan itu membuat hewan kurban bertambah gemuk dan tetap sehat.

Lebih jauh Amelia menuturkan, sejak H-10 saja sudah menjual 160 ekor kambing dengan kisaran harga Rp 2,3 juta hingga Rp 2,9 juta. Sedangkan untuk sapi harganya bervariasi antara Rp 16 juta hingga Rp 30 juta.

Anda tertarik menjajal bisnis serupa? Semoga informasinya bermanfaat ya!

Dinas Pertanian Semarang Canangkan Program Sapi Wajib Bunting

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×