logo


Wuih, Sejuta Hektar Lahan Pertanian Siap Dibuka

Kementan juga akan membuka saluran irigasi di 12 propinsi

13 November 2014 19:05 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertanian siap menyediakan lahan 1 juta hektar untuk lahan pertanian demi tercapainya swasembada pangan di 2017 termasuk penambahan saluran irigasi di 12 propinsi.

"Ada 1 juta hektar lahan pertanian baru yang akan dibuka pemerintah. Irigasi yang kita bangun akan melayani lahan pertanian tersebut," katanya di Jakarta, Kamis (13/11)

Menurutnya, selain pembangunan irigasi pihaknya akan melakukan revitalisasi alias perbaikan irigasi yang sudah ada. "Sebanyak 3,5 juta hektar saluran irigasi dalam kondisi rusak dari total 7 hektar irigasi," katanya.


Pertanian 4.0: Sudah Siapkah Indonesia ?

Adapun propinsi yang akan menjadi target prioritas pembangunan irigasi adalah yang berpotensi menjadi lumbung pangan nasional seperti Aceh, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur. "Tapi nanti wilayah lain juga akan kita lanjutkan. Tapi yang pertama kita prioritas itu dulu," tandasnya.

Ia menegaskan, program pembangunan irigasi tidak akan berbenturan dengan program serupa yang dikerjakan oleh Kementerian PU Pera untuk membangun irigasi. "Justri kita bersinergi. Mereka (PU Pera) yang kerjakan jaringan utamanya, kami kerjakan yang tersiernya yang di dalam area pertanian," kata Arman.

Amran bilang, irigasi tak hanya untuk menunjang kegiatan pertanian tanaman padi. Irigasi juga untuk tanaman jagung dan kedelai. "Itu juga jadi perhatian kami, jadi bukan padi saja," kata Amran.

Keberadaan irigasi akan menjadi salah satu tulang punggung terwujudnya swasembada pangan yang ditargetkan pemerintah. "Karena percuma kita bebaskan lahan banyak, tapi airnya nggak sampai ke sawah. Tanaman itu kan butuh air, jadi irigasi itu penting," katanya

 

 

Rayakan Natal Bersama ASN, Mentan Ajak Jadi Pelopor Pembangunan Pertanian

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Ali Hamid