logo


Mentan Meyakini Sektor Pangan Tanah Air Menuju Arah Positif

Keyakinan Amran itu dibuktikan dengan capaian-capain di sektor pangan hingga pertengahan tahun 2016 ini

6 September 2016 11:20 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat Konferensi Pers usai memimpin rapat evaluasi kelancaran importir daging sapi untuk mendukung stabilisasi harga selama ramadhan 2016 di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (20/6/2016).
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat Konferensi Pers usai memimpin rapat evaluasi kelancaran importir daging sapi untuk mendukung stabilisasi harga selama ramadhan 2016 di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (20/6/2016). Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, meyakini bahwa sektor pertanian pada saat ini sudah menuju ke arah yang positif. Keyakinan Amran itu dibuktikan dengan capaian-capain di sektor pangan hingga pertengahan tahun 2016 ini.

"Saat ini sektor pangan sudah bergerak ke arah yang positif, itu berkat kerja keras dari semua pihak termasuk anggota dewan," ujar Amran, Senin (5/9), dalam rapat pembahasan anggaran dengan komisi IV DPR RI, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Amran menyebutkan, untuk program upaya khusus (upsus) yang dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan) sejak awal telah mampu meningkatkan produksi padi hingga 6,42 persen, jagung 3,18 persen, dan kedelai sebesar 0,86 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2015).


Kerja Sama Lintas Sektor, Kunci Sukses Gapai Swasembada Pangan

Kebijakan dan program bawang merah, jelas Amran, juga berhasil menekan impor di tahun 2015 hingga 77 persen dan tidak ada langkah impor pada bulan Januari-Mei 2016.

Selain itu, upsus jagung mampu menekan impor jagung dari bulan Januari-Juli 2016, yang mana turun 56 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sementara untuk program irigasi, bantuan alsintan, subsidi pupuk, pendampingan dan lainnya, mampu meningkatkan kepuasan petani hingga 78,8 persen.

Ditegaskan Amran, hal-hal tersebut menunjukan program strategis yang dicanangkan oleh Kementan mampu meningkatkan produksi di sektor pangan. "Ke depannya kita terus tingkatkan sejumlah program strategis tersebut sehingga target swasembada pangan bisa tercapai," tukas Amran.

Kesejahteraan Petani Dipastikan Jadi Prioritas Pemerintah

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro
 
×
×