logo


Di DPR, Mentan Beberkan Sejumlah Program Strategis Sepanjang 2016

Hal itu disampaikan Mentan di hadapan Komisi IV DPR RI

6 September 2016 10:54 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menghadiri rapat kerja dengan komisi IV DPR RI.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menghadiri rapat kerja dengan komisi IV DPR RI. Jitunews/Siprianus Jewarut

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, membeberkan sejumlah program strategis yang sudah dijalankan Kementerian Pertanian (Kementan) sepanjang 2016.

Amran menyampaikan hal itu ketika menghadiri rapat pembahasan anggaran tahun 2017 bersama Komisi IV DPR RI, pada Senin kemarin 5 September 2016 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Dijelaskan Amran, hingga kini ada sejumlah program strategis yang sudah dijalankan Kementan di sektor pangan, terutama dalam rangka meningkatkan produksi dan menjaga kesejahteraan para petani.


Mentan Batasi Impor Demi Gairahkan Semangat Petani Jagung

Sejumlah program tersebut tersebar di beberapa aspek. Pada aspek infrastruktur langkah yang sudah diambil Kementan pada tahun 2016 berupa rehabilitasi jaringan irigasi tersier seluas 2,1 juta hektare (ha) dan optimalisasi lahan seluas 570.000 ha.

Sedangkan pada aspek on farm dan pasca panen, Amran menyebut, yang pertama berupa bantuan alat dan mesin pertanian kurang lebih 58.572 unit (pompa air, traktor, rice transplanter, power thresher, combine harvester, dan rice milling unit). Kedua, subsidi benih sebanyak 116.500 ton dan pupuk sebanyak 9,55 juta ton.

Dan yang Ketiga, pengembangan 1.000 desa mandiri benih dan desa organik. Sementara untuk aspek pasar Amran menjabarkan 5 program yang telah dilakukannya.

Lima program itu terdiri dari mengendalikan rekomendasi impor komoditas dan produk pertanian strategis, mendorong ekspor komoditas pertanian, membuat kebijakan penetapan harga patokan pembelian (HPP), membangun Toko Tani Indonesia, dan mendorong Bulog untuk meningkatkan serapan gabah petani.

Mentan Jamin Stok Beras Nasional Aman hingga Mei 2017

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro