logo


Kenaikan Produksi Pangan Tak Segaris dengan Kesejahteraan Petani

Langkah gencar pemerintah meningkatkan produksi tidak boleh mengarah pada ekses menjadikan petani hanya sebagai alat produksi.

5 September 2016 15:25 WIB

Petani mengayak gabah hasil panen.
Petani mengayak gabah hasil panen. JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron, mengapresiasi langkah Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan produksi pertanian, namun menurutnya langkah tersebut belum diimbangi dengan kesejahteraan para petani.

"Kesejahteraan para petani masih belum diperhatikan secara serius oleh pemerintah, karena fokus pemerintah hanya pada peningkatan produksi di sektor pangan," demikian kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron, di bilangan Senayan, Senin (5/9).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa peningkatan produksi sebaiknya bermuara pada kesejahteraan para petani.


Pimpinan DPR Puji Capaian Sektor Pertanian Era Amran

"Tetapi kalau petaninya masih belum sejahtera, maka PR sektor pertanian masih belum teratasi," demikian katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa langkah gencar pemerintah dalam meningkatkan produksi tidak boleh mengarah pada upaya menjadikan petani sebagai alat produksi belaka.

"Kalau hanya ada peningkatan produksi tanpa adanya peningkatan kesejahteraan para petani, nanti petani hanya dilihat sebagai alat produksi semata," ujarnya.

Ia sangat berharap agar pemerintah mulai memperhatikan kesejahteraan para petani, karena, menurutnya, peningkatan produksi harus bermuara pada kesejahteraan para petani.

"Petani harus menjadi tujuan utama," tukasnya.

Daging Sapi Mahal, Kementan Salahkan…

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah