logo


Penyuluh Pertanian Adalah Garda Terdepan dan Mitra Para Petani

Keberadaan penyuluh pertanian sangat vital di dalam mengawal dan mendampingi petani

2 September 2016 18:50 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Jitunews/Siprianus Jewarut

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa keberadaan penyuluh pertanian sangat vital di dalam mengawal dan mendampingi petani, terutama dalam rangka meningkatkan produktivitas di sektor pertanian.

"Keberadaan para penyuluh ini sangat vital di sektor pertanian, maka kita harus tingkatkan jumlahnya dan mengangkat statusnya," ujar Amran, Jumat (2/9), di Jakarta.

Ditambahkan Amran, penyuluh pertanian adalah garda terdepan dan mitra dari para petani. Karena itu, sebagai garda terdepan penyuluh memiliki kewajiban untuk memberi penyuluhan yang baik kepada para petani terutama untuk memastikan penerapan teknologi pertanian dan pendampingan lainnya di lapangan.


Produksi Beras Menurun, DPR RI Dorong Kementan untuk Lakukan Kajian dan Cari Solusi

Amran pun menegaskan, upaya pengangkatan penyuluh pertanian dari Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu pertanian (THL-TB) tersebut bertujuan untuk memacu semagat para penyuluh dalam membina para petani, dan mengawal target swasembada pangan pemerintah.

Pengangkatan THL-TB ini harus difungsikan sesuai dengan statusnya sebagai penyuluh pertanian. "Jangan nanti setelah diangkat menjadi PNS, kemudian oleh pemerintah daerah dialihfungsikan. Harapannya, mereka harus tetap pada statusnya sebagai penyuluh pertanian," tukas Amran.

Pertanian 4.0: Sudah Siapkah Indonesia ?

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro