logo


Jenis-Jenis Ikan Gurame

Gurame Porselen seringkali dicari untuk dijadikan bibit unggul

13 November 2014 14:12 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ikan Gurame  atau nama latinnya Osphronemus goramy adalah jenis ikan air tawar yang sangat populer dan pastinya sangat disukai oleh masyarakat. Nah, ternyata ikan ini gak hanya jadi ikan konsumsi aja lho, tapi ada juga jenis ikan hiasnya.

Berikut JITUNEWS sajikan beberapa jenis ikan gurame yang ada di Indonesia :

1. Ikan Gurame Angsa. Ikan gurame ini memiliki  panjang  tubuh sekitar  65 cm dan berat sekitar 6 -12 kg per ekor, dengan warna tubuh abu- abu dan sisik relatif lebar.


Kelompok Pakan Ikan di Probolinggo Berhasil Kembangkan Pakan Berbasis Bahan Baku Lokal

2. Gurame Jepang atau Gurame Jepun. Ikan gurame ini memiliki  panjang tubuh sekitar 45 cm dan lebar sekitar 3.5 kg, dengan warna tubuh abu-abu kemerahan dan terdapat diujung siripnya.

3. Gurame Bluesafir. Ikan gurame ini memiliki berat tubuh sekitar 2 kg per ekor, produktivitas telur mencapai 5000-7000 butir, dan untuk warna tubuhnya merah muda cerah.

4. Gurame Paris. Ikan gurame ini memiliki berat sekitar  1,5 kg, produktivitas telur 5000-6000 butir, dan memiliki warna tubuh merah muda cerah tetapi kepalanya berwarna putih dan terdapat bintik-bintik hitam diseluruh tubuh

5. Gurame Porselen. Ikan gurame ini memiliki berat induk sekitar 1-2 kg, produktivitas telurnya mencapai 10.000 butir setiap kali pemijahan, dan warna pada tubuhnya merah muda cerah dengan ukuran kepala relatif kecil. Jenis ikan gurame ini seringkali dicari untuk dijadikan bibit unggul.

6. Gurame Bastar. Ikan gurame ini memiliki bentuk sisiknya agak lebar, produktivitas telurnya mencapai 2000-3000 butir setiap kali pemijahan, dengan warna tubuhnya agak kehitaman tetapi warna kepalanya putih

7. Gurme Kapas. Ikan gurame ini dapat tumbuh dengan  cepat,  mencapai 1 kg dalam waktu sekitar 13 bulan semenjak menetas, dengan priduktifitas telurnya mencapai 3000 butir setiap kali pemijahan. Warna tubuhnya putih keperakan mirip kapas dengan bentuk sisik yang cukup besar.

8. Gurame Batu. Ikan gurame ini memiliki berat tubuh hanya mencapai 0,5 kg dalam waktu 13 bulan semenjak menetas. Pertumbuhan gurame Batu ini tergolong lambat dibandingkan dengan jenis-jenis gurame lainnya. Ikan ini memiliki warna tubuh hitam dan sisik yang kasar.

 

 

Era Industri 4.0, KKP Dorong Digitalisasi UMKM Kelautan dan Perikanan

Halaman: 
Penulis : Riana