logo


Ini Penyebab Produktivitas Padi Jawa Barat Terus Meningkat

Peningkatan produktivitas ini juga disebabkan karena petani makin yakin menggunakan benih varietas unggul.

31 Agustus 2016 17:19 WIB

Tanaman padi.
Tanaman padi. dok. Jitunews

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Kepala Badan Karantina Pertanian sekaligus Penanggung Jawab Upaya Khusus Swasembada padi, jagung, kedelai di Jawa Barat, Banun Harpini mengatakan bahwa rata-rata produktivitas padi Jawa Barat meningkat selama tiga tahun terakhir.

"Rata-rata produktivitas padi di jawa barat terus mengalami peningkatan yang cukup baik, hal ini lebih dikarenakan adanya langkah cepat tanam yang sudah sangat masif di lakukan," demikian kata Banun Harpini dalam kunjungan kerjanya, Rabu(31/8), di desa Margaasih Kecamatan Cisalengka Kabupaten Bandung.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa provitas padi sawah bulan Januari–Juni 2016 mencapai 63,43 kwintal per Ha. Sedangkan pada tahun 2015 sebanyak 62.09 kwintal per Ha dan pada tahun 2014 59,76 kwintal per Ha.


Akibatkan Kerugian Besar, Bupati Bekasi Dukung Mentan Pidanakan Pelaku Disfungsi Lahan Pertanian

Hal ini disebabkan penerapan teknologi jajar legowo yang makin luas di Jawa Barat, perbaikan jaringan irigasi, dan penerapan alsintan pra dan pasca panen yang semakin intensif.

Peningkatan produktivitas ini juga disebabkan karena petani makin yakin menggunakan benih varietas unggul.

Selain percepatan tanam, secara bersamaan pemerintah akan memacu program serap gabah (SERGAB) petani yang dilakukan oleh Bulog. Diharapkan pada tahun ini Jawa Barat dapat terserap 1,2 Juta ton Gabah Kering Panen (GKP).

Ke depan bila ini tercapai, Jawa Barat akan mampu menyuplai juga beras ke daerah lainnya di Indonesia. Sementara Kinerja penyerapan gabah Januari hingga pertengahan bulan Juli 2016 sebesar 842 ribu ton GKP (atau 70 persen dari target 1,2 juta ton).

"Kita akan terus upayakan agar sejumlah program strategis ini bisa berjalan baik dan target capaian produksi bisa terus meningkat," tukasnya.

Kementan: Pupuk 2020 Cukup

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah