logo


TNI Dukung Bibit Padi Asal Indonesia Dikenal Dunia

Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendukung penuh padi asal Indonesia agar diakui oleh dunia, salah satunya melalui PT. Biogene Plantation dalam mengembangkan bibit padi jenis Sembada B-9 yang ditanam dan dikembangkan di Brunei Darusalam

30 Agustus 2016 14:58 WIB

Puspen TNI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendukung penuh padi asal Indonesia agar diakui oleh dunia. Salah satunya melalui PT. Biogene Plantation dalam mengembangkan bibit padi jenis Sembada B-9 yang ditanam dan dikembangkan di Brunei Darussalam. Demikian dikatakan Aster Kasad, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, mewakili Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, disela-sela Panen Perdana Padi Hibrida Sembada B-9, di Distrik Wasan, Brunei Darussalam, pada hari Selasa, tanggal 30 Agustus 2016.

“Keterlibatan TNI dalam panen perdana padi Hibrida Sembada B-9 tersebut, karena pemerintah Brunei sangat mengapresiasi bibit unggul tersebut yang berasal dari Indonesia. Di samping itu, hubungan antara kedua negara Indonesia dan Negara Brunei Darussalam sangat bagus,” tambahnya.

Mayjen TNI Komaruddin juga menyatakan bahwa penanaman padi tersebut dilakukan berkat kerja sama antara Indonesia dengan Koperasi Setia Kawan (Koseka) Distrik Wasan.

“Koperasi ini diawaki oleh mantan-mantan Tentara Angkatan Darat Brunei yang sudah purna dan dikelola menjadi satu grup Koperasi serta bekerja sama dengan PT Biogene Plantation Indonesia,” imbuhnya.

“Di Indonesia, TNI sudah bekerja sama dengan 21 kementerian, tetapi yang paling intens adalah kerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) RI yang sudah berlangsung selama tiga tahun. Kerja sama dengan TNI AD sangat positif, hal ini dapat dilihat dari lembaga survei yang menunjukkan bahwa trust mencapai 89,59 %,” tuturnya.

Terkait ketahanan pangan di Indonesia, Mayjen TNI Komaruddin menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo pernah menegaskan bahwa ketahanan pangan ke depan harus digalakkan. Untuk itu, TNI akan mendukung setiap program pemerintah dalam mencapai target ketahanan pangan.

Ini Dia Persiapan Beserta Hasil Panen Satu Hektar Sawah Sistem Mina Padi

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan