logo


Aneka Jenis Olahan Puff Pastry

Puff pastry merupakan adonan dasar yang dibuat tanpa ragi

12 November 2014 11:33 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JITUNEWS.COM - Puff pastry merupakan adonan dasar yang dibuat tanpa ragi dan memiliki tekstur berlapis-lapis serta renyah saat digigit. Lapisan yang terlihat seperti lembaran adonan yang menumpuk tersebut, tercipta dari penggunaan korsvet atau lemak puff yang dioleskan beberapa kali pada permukaan adonan setelah dipipihkan. Kreasi yang dihadirkan dari adonan kulit puff pastry pun sangat beragam. Berikut kami sajikan aneka kreasi bentuk dan isi puff pastry yang dapat Anda coba di rumah.

1. Chicken Curry Puff
Atau puff kare ayam merupakan kreasi dari kulit puff pastry yang berisi campuran daging ayam, daging sapi, telur rebus atau sardine, yang dipotong kecil dan dicampur dengan sayuran seperti kentang lalu ditumis dengan bumbu kare. Rasa khas yang sedikit pedas dan gurih membuat snack yang dibentuk menyerupai Pastel ini sangat digemari kebanyakkan orang Singapura dan Malaysia.

2. Puff Bunga Daging Asap
Olahan puff pastry ini dibuat dari kulit puff pastry yang dibentuk bulat dan terdiri dari 2-3 tumpukkan adonan kulit. Kemudian di bagian atas, disusun potongan smoked beef yang disusun menyerupai mahkota mawar merah yang mulai merekah. Agar memilihi rasa gurih yang pas, sebelumnya smoked beef diseduh dalam air panas. Lalu ditiriskan dan dibumbui dengan margarin, susu, tepung terigu, garam dan merica. Setelah itu adonan dipanggang selama 20 menit hingga matang.

3. Beef Curry Pastel
Adalah pastel berbentuk bulat dengan lipatan pilin mengitari sisinya. Selain rasanya gurih dan cruncy, puff jenis ini juga sehat karena bahan isiannya terbuat dari kombinasi daging dan sayuran, seperti daging sapi cincang yang dicampur dengan kentang rebus, buncis rebus, dan bumbu kari yang ditumis. Untuk membuat bentuk puff jenis ini, setelah diisi dan ditutup bagian atasnya, maka pada bagian sisinya diplintir memutar sehingga menyerupai tali tambang, lalu simpan adonan selama 1 malam dalam lemari es, agar bentuknya tetap cantik dan tidak buyar saat digoreng.

4. Zuppa Soup
Kreasi Soup khas Italia ini terdiri atas Cream Soup yang dituang ke dalam pinggan tahan panas, kemudian ditutup dengan lembaran kulit puff pastry. Setelah itu dipanggang dalam oven panas. Suhu panas dari dalam soup dan di sekitar pemanggangan membuat lapisan kulit puff pastry mengembang dan membentuk lapisan berlapis.

5. Val Au Van
Kreasi kulit puff pastry satu ini memiliki bentuk yang menyerupai menara. Karena dibuat dari 2-3 lembar kulit puff pastry yang dicetak dengan ring bulat, lalu ditumpuk. Setelah dipanggang, bagian tengah kulit biasanya dilubangi untuk tempat bahan isian. Selain bulat, Val Au Van juga dapat dikreasikan menjadi bentuk persegi, segi lima, dan mangkuk pie.

6. Puff Pastry Ikan
Seperti namanya, kreasi satu ini dibuat dari kulit puff pastry yang diisi dengan ikan tengiri. Dari segi bentuk, Puff Pastry Ikan mirip seperti Val Au Van. Agar tiap lapisan merekat, biasanya diolesi air atau putih telur sebagai lem.

7.Fruit Puff
Puff yang satu ini tak hanya cantik bentuknya, namun rasanya juga enak, sangat pas bagi Anda yang sedang menjalankan diet sehat. Puff hanya dipotong persegi kemudian di oven, setelah matang disemprot dengan saus vla, lalu dihias dengan irisan aneka buah seperti mangga, melon, pepaya, strawberry, kiwi, raspberry, bluberry, jeruk mandarin, serta ceri merah.
 
8. Chicken Pie
Kreasi puff pastry ini memiliki bentuk yang sama seperti Pie biasa. Hanya teksturnya saja yang berlapis dan lebih renyah. Proses pembuatan Chicken Pie dimuali dengan mencetak kulit puff pastry di dalam loyang pie lalu dipanggang setengah matang. Setelah itu ditambahkan bahan isian yang dibuat dari tumisan ayam rebus suwir dan daging asap. Lalu dibumbui dengan pala bubuk, merica, dan garam. Agar semua bahan mengental, ditambahkan tepung terigu, air kaldu, dan whipped cream cair. Di bagian atas bahan isian biasanya juga ditaburi parutan keju kemudian panggang selama 30 menit atau hingga matang.

9. Cheese Stick
Kudapan satu ini ternyata bukan hanya bisa dibuat dari adonan kripik bawang saja, tapi juga dari kulit puff pastry. Tekstur yang dihadirkan tentu saja terasa lebih empuk dibanding kripik. Umumnya, kreasi Cheese Stick dibuat dari sisa olahan kreasi puff pastry lainnya. Dengan cara membentangkan kulit lalu dipotong memanjang dan dipelintir. Selanjutnya permukaan atas kulit diolesi kuning telur dan  ditaburi keju parut. Kemudian  panggang selama 15 menit hingga matang dan berwarna kuning keemasan.

10. Dziriate
Adalah kue kering khas Aljazair, yaitu puff yang bentuknya menyerupai baling-baling kipas angin. Cita rasa harum manis puff jenis ini dihasilkan dari kombinasi gula pasir, madu, almond, kulit jeruk lemon, air mawar, dan vanili.

 

Mengenal Aneka Macam dan Jenis Pasta untuk Makanan

Halaman: 
Penulis : Hasballah