logo


FAA Cabut Larangan Terbang Maskapai Indonesia ke Amerika Serikat

Maskapai kebanggaan Indonesia, Garuda Indonesia punya kesempatan untuk membuka rute penerbangan Jakarta ke New York atau Los Angeles, Amerika Serikat.

16 Agustus 2016 16:01 WIB

Calon penumpang pesawat Garuda Indonesia menunggu keberangkatan di Terminal 3 Ultimate, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (9/8).
Calon penumpang pesawat Garuda Indonesia menunggu keberangkatan di Terminal 3 Ultimate, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (9/8). Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Maskapai kebanggaan Indonesia, Garuda Indonesia punya kesempatan untuk membuka rute penerbangan Jakarta ke New York atau Los Angeles, Amerika Serikat.

Hal itu menyusul dengan pencabutan larangan terbang bagi maskapai-maskapai asal Indonesia oleh Badan penerbangan AS, FAA, yang akan berlaku mulai tahun depan.

Seperti diketahui, sejak tahun 2007 silam, FAA memberlakukan aturan pelarangan terbang pesawat-pesawat terbang milik maskapai-maskapai Indonesia akibat sejumlah kecelakaan fatal yang terjadi pada tahun 2007 lalu.


Garuda Sajikan Menu Berkelas Bintang Lima untuk Jamaah Haji Indonesia

Namun mulai tahun 2017 nanti, atau satu dekade setelah pemberlakuan pelarangan terbang tersebut, akhirnya FAA menaikkan kembali peringkat keselamatan penerbangan maskapai-maskapai Indonesia pada Kategori 1. Itu artinya penerbangan Indonesia kini berada pada kategori paling tinggi dalam hal keamanan dan keselamatan penerbangan.

Penaikan rating ini juga disebut-sebut sebagai akibat dari pencabutan larangan terbang oleh Eropa untuk tiga maskapai Indonesia yakni Lion Air, Batik Air, dan Citilink. Sejauh ini hanya Garuda yang menggarap rute ke Eropa.

“Ini hadiah besar ulang tahun Indonesia," kata Direktur Jendral Peruhubungan Udara Suprasetyo di Jakarta, Senin (15/8).

Sebelumnya juga, FAA kembali menaikkan peringkat penerbangan maskapai-maskapai dari negara India dan Filipina menjadi Kategori 1 dalam beberapa tahun terakhir.

Operasional Garuda Indonesia di Terminal 3 Berangsur Normal

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan