logo


Fadli Zon Angkat Bicara Soal Peran Penyuluh Pertanian di Indonesia

Pemerintah belum memperhatikan kesejahteraan penyuluh pertanian

16 Agustus 2016 13:51 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menjawab pertanyaan wartawan.
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menjawab pertanyaan wartawan. JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, mengatakan bahwa kehadiran penyuluh di sektor pertanian sangat penting. Sebab, penyuluh adalah guru bagi para petani di lapangan.

"Penyuluh adalah guru yang mengarahkan dan membantu para petani di lapangan," ujar Fadli, Selasa (16/8), di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Lebih lanjut, Fadli mengungkapkan bahwa kehadiran penyuluh sebagai guru di lapangan begitu dirasakan manfaatnya oleh para petani. Menurutnya, penyuluh benar-benar aktif turun ke lapangan, membantu, dan melakukan penyuluhan kepada para petani.


Ingin Swasembada Pangan, Jumlah Petani RI Malah Merosot

Namun, Fadli juga menggarisbawahi bahwa pihak pemerintah belum memberikan perhatian yang serius kepada kesejahteraan para penyuluh pertanian yang ada di Indonesia.

"Sayangnya, sampai saat ini pemerintah belum memberikan perhatian serius kepada para penyuluh. Seharusnya kesejahteraan para penyuluh dikedepankan, agar semangat mereka dalam mendampingi petani terus meningkat," tegas Fadli.

Oleh karena itu, Fadli berharap agar pemerintah mulai memperhatikan para penyuluh di tanah air, dengan mengupayakan langkah-langkah cepat peningkatan kesejahteraan baik melalui pengangkatan sebagai pegawai negeri, atau dengan upaya-upaya konkrit lainnya.

MenpanRB: Tidak Semua Penyuluh Pertanian Bakal Diangkat Menjadi PNS

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro