logo


Kata Hasto ke Ahok, Jokowi Saja Kesulitan Jika Tak Didukung Parpol

Ucapan Hasto tersebut rupanya memiliki kaitan tentang wacana bakal berkoalisinya tujuh partai politik.

12 Agustus 2016 15:33 WIB

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. dok. Rimanews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mendapat peringatan dari Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto. Hasto mengingatkan, membangun Jakarta tidaklah bisa sendirian, melainkan butuh kerja sama dengan partai politik.

Lantas Hasto mencontohkan kasus yang dihadapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang pada awal pemerintahannya mengalami kesulitan lantaran minimnya dukungan parpol saat itu.

"Untuk mengelola Jakarta harus menyatukan seluruh kekuatan kolektif rakyat Jakarta serta memperoleh dukungan legalitas parpol. Jokowi saja menghadapi kesulitan ketika tidak mendapat dukungan di DPR," ungkap Hasto di kediaman Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, di Teuku Umar, Jakarta, Jumat (12/8).


Ahok Hapus Kartu Kredit Bos Pertamina, PKB: Tidak Perlu Disampaikan ke Publik

Ucapan Hasto tersebut rupanya memiliki kaitan dengan wacana bakal berkoalisinya tujuh partai politik guna menghadapi Pilgub DKI Jakarta 2017 dengan membentuk Koalisi Kekeluargaan.

Hasto menilai, koalisi tersebut adalah bukti adanya keinginan berkolektif untuk membangun bangsa secara bersama-sama.

"Koalisi kekeluargaan menunjukkan bahwa menjadi pemimpin bukan individual, bukan orang perorangan yang bisa bertindak secara individu. Memimpin harus menyatukan seluruh kekuatan kolektif rakyat," ucapnya.

Seperti diketahui, ketujuh parpol yang diwakili oleh masing-masing Dewan Pimpinan Daerah sempat mendeklarasikan Koalisi Kekeluargaan, yakni PDI-P, Gerindra, Demokrat, PAN, PKB, PPP dan PKS. Konon, koalisi ini dibentuk untuk mencari calon alternatif selain Ahok yang kini sudah didukung oleh Partai Golkar, Nasdem dan Hanura.

PDIP Bakal Kalah Jika Jagokan Puan, LSI Beberkan Opsi Lain

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah
 
×
×