logo


Aneka Jajanan Pasar Ini Cocok untuk Ngemil

Selain rasa yang enak dan harganya yang murah, jajanan-jajanan khas Indonesia ini juga lebih ampuh membuat kit

11 November 2014 11:56 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ngemil memang kegiatan yang menyenangkan. Meskipun banyak yang bilang sering ngemil bisa membuat gemuk, tetapi nyatanya ngemil masih menjadi kegiatan favorit banyak orang di sela-sela kesibukan yang melelahkan. Bila biasanya makanan ringan seperti keripik menjadi menu favorit ngemil, nggak ada salahnya Anda untuk mencoba aneka jajanan pasar Indonesia ini, lho! Selain rasa yang enak dan harganya yang tergolong murah, jajanan-jajanan khas Indonesia ini juga lebih ampuh membuat kita cepat kenyang! Berikut 7 jenis jajanan pasar Indonesia yang wajib Anda coba!

1.    Klepon
Makanan yang bertekstur kenyal ini terbuat dari tepung beras ketan dan diisi dengan gula merah cair yang dijamin sukses nyiptain rasa manis dan lezat begitu sampai di lidah Anda.

2.    Onde-Onde
Onde-onde terkenal berasal dari daerah Mojokerto. Makanan dengan rasa manis asli dari kacang hijau ini bertekstur garing dengan taburan biji wijen di bagian luarnya. Di beberapa tempat, Anda juga dapat membeli onde-onde dengan berbagai variasi rasa.

3.    Combro 
Jajanan yang umumnya juga dijual di tukang gorengan ini terbuta dari singkong yang diparut halus kemudian digoreng berbentuk lonjong dengan oncom pedas sebagai isinya. Rasa garing dan pedas yang segar dari oncom membuat Combro cocok dijadikan cemilan di siang hari.

4.    Misro
Berbeda dengan Combro, isi dari Misro adalah gula merah cair seperti klepon. Sementara untuk bahan dasar, Misro terbuat dari bahan yang sama seperti Combro.

5.    Kue Lapis
Kue dengan warna-warni cantik dan mencolok ini bertekstur kenyal dan rasa manis yang pas. Kue lapis cocok dijadikan cemilan teman minum teh hangat.

6.    Lemper
Penampilannya yang mirip Lontong kadang membuat orang tertukar. Lemper memang memiliki bentuk yang mirip dengan Lontong, yaitu sama-sama dibungkus dengan daun pisang. Namun, dari segi bahan berbeda. Lemper terbuat dari beras ketan dengan isi ayam atau abon. Karena terbuat dari beras ketan yang mengenyangkan, lemper juga sering dijadikan pilihan sarapan.

7.    Getuk
Makanan yang sangat familiar di daerah Jawa Tebgah dan Timur ini terbuat dari camuran singkong dan gula. Rasa dari Getuk adalah manis  dengan sedikit rasa gurih yang berasal dari parutan kelapa di luarnya.

Es Krim Anti Leleh, Inovasi Jepang untuk Indonesia

Halaman: 
Penulis : Hasballah
 
×
×