logo


Pangkohanudnas Lantik Kolonel Pnb Julexi Tambayong Jadi Pangkosekhanudnas I

Kosekhanudnas I merupakan salah satu ujung tombak Kohanudnas dalam melaksanakan tugas yaitu mempertahankan wilayah udara khususnya daerah Jakarta

8 Agustus 2016 15:08 WIB

Panglima Kohanudnas Marsda TNI Abdul Muis saat melakukan Salam Komando dengan Pangkosekhanudnas I yang lama dan baru  Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M dan  Kolonel Pnb Julexi Tambayong  serta Pangkosekhanudnas III yang lama dan baru Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han) dan Kolonel Pnb T.B.H. Age Wiraksono, S.IP., usai pelaksanaan upacara Sertijab Pangkosekhanudnas I dan III di  Makohanudnas Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (7/8).
Panglima Kohanudnas Marsda TNI Abdul Muis saat melakukan Salam Komando dengan Pangkosekhanudnas I yang lama dan baru Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M dan Kolonel Pnb Julexi Tambayong serta Pangkosekhanudnas III yang lama dan baru Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han) dan Kolonel Pnb T.B.H. Age Wiraksono, S.IP., usai pelaksanaan upacara Sertijab Pangkosekhanudnas I dan III di Makohanudnas Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (7/8). Dispen AU

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI Abdul Muis secara resmi melantik Kolonel Pnb Julexi Tambayong sebagai Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I (Pangkosekhanudnas I) Jakarta yang baru menggantikan Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, dan Kolonel Pnb T.B.H. Age Wiraksono, sebagai Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III (Pangkosekhanudnas III) Medan, menggantikan Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han) dalam suatu upacara militer bertempat di Makohanudnas Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (7/8).

Pangkohanudnas Marsda TNI Abdul Muis dalam sambutannya mengatakan, “Kosekhanudnas I merupakan salah satu ujung tombak Kohanudnas dalam melaksanakan tugas yaitu mempertahankan wilayah udara khususnya daerah Jakarta yang merupakan Ibu Kota negara Republik Indonesia. Sebagai salah satu komando pelaksana operasi pertahanan udara nasional, Kosekhanudnas I menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara sesuai pembagian tanggung jawab geografis wilayah pertahanan udara nasional," tegasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tidak kalah penting lagi peranan Kosekhanudnas III Medan yang merupakan salah satu ujung tombak Kohanudnas dalam melaksanakan operasi pertahanan udara nasional yang bertugas menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara dalam rangka menegakkan kedaulatan negara di udara, serta melindungi objek vital nasional yang berada di wilayah otoritas mulai dari Propinsi Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh. Oleh karena itu, Kosekhanudnas III Medan memiliki posisi yang sangat strategis dan vital bagi pertahanan udara di wilayah barat Indonesia. Sesuai dengan mekanisme sistem pertahanan udara nasional, Pangkosekhanudnas III menerima pelimpahan wewenang dari Pangkohanudnas untuk melaksanakan pengendalian dalam penyelenggaraan operasi pertahanan udara di wilayahnya, serta pembinaan kesiapan dan kemampuan unsur-unsur hanud, baik aktif maupun pasif di jajarannya 

Kolonel Pnb Julexi Tambayong merupakan alumni AAU 1988 sebelum menjabat Pangkosekhanudnas I Jakarta menjabat sebagai Paban IV/Hublu Spamau, sedangkan Pangkosekhanudnas III Medan yang baru Kolonel Pnb T.B.H. Age Wiraksono, S.IP., MA merupakan alumni AAU 1990, sebelumnya menjabat sebagai Koorspri Panglima TNI. Sementara itu pejabat lama Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M akan menduduki jabatan baru sebagai Komandan Lanud Adi Sucipto Yogyakarta sedangkan Marsma Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han) menjabat sebagai Kadispenau.

Usai pelaksanaan serah terima jabatan Pangkosekhanudnas I Jakarta dan Pangkosekhanudnas III Medan, dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 02 Kosekhanudnas I Jakarta dari Ny. Dian Novyan Samyoga kepada Ny. Christiana Julexi Tambayong dan Ketua IKKT PWA ranting 04 Kosekhanudnas III Medan dari Ny. Diah Jemi Trisonjaya kepada Ny. Melania Age Wiraksono, yang dipimpin Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang BS V -Kohanudnas Ny. Rina Abdul Muis bertempat di Gedung Leo Wattimena Kohanudnas Jakarta.

Begini Penjelasan TNI AU Soal Pencegatan Pesawat Hercules Malaysia di Natuna

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan