logo


Mendag Minta Bulog Serap Hasil Pangan Petani

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menegaskan bahwa tidak ada alasan bagi Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk tidak menyerap hasil pangan petani.

8 Agustus 2016 14:35 WIB

Petani Desa Mandalasari memotong padi yang siap panen.
Petani Desa Mandalasari memotong padi yang siap panen. JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menegaskan bahwa tidak ada alasan bagi Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk tidak menyerap hasil pangan petani.

"Tidak ada alasan tidak ada uang bagi Bulog untuk tidak menyerap hasil pangan petani dan peternak," demikian kata Enggartiasto Lukita di kantor Kementan, Senin (8/8).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa langkah penyerapan ini harus dilakukan secara besar-besaran dilakukan pihak Bulog.


Jika Tetap Harus Cuti, Ahok: Siapa Bisa Jamin PNS yang Dikirim Mendagri Itu Jujur?

"Kita juga sepakati bahwa seluruh hasil produksi yang dihasilkan oleh para petani dan peternak, berapa pun jumlah hasil produksinya itu akan diserap," demikian katanya.

Mendag juga memastikan bahwa keharusan pihak Bulog dalam menyerap hasil pangan petani sudah disertai dengan anggaran yang cukup. Pasalnya dengan adanya langkah serapan tersebut tidak ada lagi kekhawatiran para petani akan hasil pangannya tidak terjual, dan tidak ada kekhawatiran akan kurangnya ketersediaan pasokan bahan pangan di pasar.

"Petani kemudian akan menjadi lebih yakin bahwa hasil produksi mereka akan terus diserap, dan ini juga akan mampu meningkatkan semangat para petani untuk meningkatkan produksi di sektor pangan," katanya.

Gelar Pameran Pangan Nusa, Sekjen Kemendag: Kita Harus Bangga Akan Produk Dalam Negeri

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan