logo


Koalisi Besar Siap Bersepakat Bahas Pengusungan Sandiaga Uno

Perkumpulan siang nanti setidaknya sudah memiliki modal terkait nama jagoan yang sudah muncul dan kemungkinan bakal diusung tujuh parpol.

8 Agustus 2016 11:31 WIB

Sandiaga Uno.
Sandiaga Uno. Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyampaikan bahwa pertemuan tujuh parpol penghuni DPRD DKI Jakarta siang nanti tidak akan membahas soal sosok yang bakal didukung. Pasalnya, Gerindra telah menentukan sikap dengan mendukung Sandiaga Shalahudin Uno.

Pertemuan siang nanti setidaknya sudah memiliki modal nama jagoan yang sudah muncul dan kemungkinan bakal diusung oleh tujuh parpol.

Meski demikian, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jakarta, Gembong Warsono, tetap mengakui bahwa nama jagoan yang bakal diajukan adalah Sandiaga atau Tri Rismaharini. Tapi katanya, bisa saja pertemuan ini bakal lebih banyak membahas soal pengusungan Sandiaga Uno, kandidat dari Partai Gerindra.


Siang Nanti, Partai 'Koalisi Besar' Bakal Lakukan Pertemuan Politik

"Kita tidak bicara sosok. Sosok kan sudah muncul satu nama dari Partai Gerindra dan menawarkan ke beberapa parpol. Kita hanya bicara Pak Sandi saja dari Gerindra," ucap Gembong kepada awak media, Senin (8/8).

Jika hal itu terjadi, serta nantinya ketujuh parpol itu bergabung dan disematkan gelar koalisi besar, PDIP tidak akan menolaknya.

Ketujuh parpol yang bakal menggelar pertemuan siang nanti di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, tidak akan melibatkan tiga parpol lain yaitu NasDem, Hanura, dan Golkar. Mengingat ketiganya telah sepakat untuk mendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam Pilgub DKI Jakarta 2017.

Gembong menekankan bahwa dalam pertemuan tersebut pimpinan partai bakal menyatukan persepsi tentang figur pemimpin yang bijaksana.

"Kita akan menyamakan persepsi tentang sosok pemimpin yang arif dan bijaksana," ucap politisi PDIP itu menegaskan.

Pertemuan nanti akan menguatkan koalisi di level Jakarta, dan hasilnya bakal disampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat masing-masing partai. Namun, soal Sandiaga bakal diposisikan sebagai cagub atau cawagub, Gembong mengembalikan hal tersebut kepada keputusan Partai Gerindra.

Pertemuan itu akan digelar pukul 12.00 WIB di Restauran Bunga Rampai Jalan Cik Ditiro Nomor 35 Menteng Jakarta Pusat. Menurut Gembong, bakal ada tujuh partai yang hadir, yakni PDIP, Partai Gerindra, PKS, PKB, PAN, Partai Demokrat, dan PPP. Namun menurut PKS Jakarta, ada enam partai saja yang ikut, PPP belum ikut serta.

Cak Imin 'Sentil' Surabaya, PKB: Tidak Perlu Ada yang Sewot

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah