logo


Letak Geografi Berupa Kepulauan Masih Menjadi Kendala di Sektor Pangan

Indonesia negara kepulauan, adalah tantangan tersendiri pada soal konektivitas atau distribusi hasil pangan.

8 Agustus 2016 10:35 WIB

Sekretaris Jenderal Kementan, Hari Priyono.
Sekretaris Jenderal Kementan, Hari Priyono. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Hari Priyono menyampaikan permasalahan di sektor pangan. Menurutnya Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki tantangan tersendiri soal konektivitas atau distribusi hasil pangan.

"Konektivitas masih menjadi kendala utama kita di sektor pangan, terutama untuk penyaluran hasil pangan,"demikian kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Hari Priyono, dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Senin (8/8).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa wilayah Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau membuat produk dari daerah sentra pertanian tidak dapat mengalir secara cepat ke pasar-pasar maupun sentra-sentra konsumen.


Program Lumbung Pangan Baru di Kallteng, Kementerian PUPR Programkan Rehabilitasi 85.500 ha

"Oleh karena itu, solusi yang telah dilakukan pemerintah di antaranya kapal ternak dengan mengangkut sapi langsung dari peternak di NTT ke pulau Jawa dan membangun Toko Tani Indonesia untuk memotong rantai pasok," demikian katanya.

Ia berharap dengan adanya sejumlah langkah strategis ini, masalah di sektor pangan terutama soal produktivitas dan konektivitas dapat teratasi dengan baik.

"Masalah kita ini sudah sejak lama dan pelan-pelan kita benahi," tukasnya.

Husnain: Pengembangan Kawasan Food Estate untuk Perkuat Ketahanan Pangan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah