logo


Jika Tetap Harus Cuti, Ahok: Siapa Bisa Jamin PNS yang Dikirim Mendagri Itu Jujur?

Kata Ahok, bila tetap ada aturan yang memaksanya untuk cuti, sama saja mengorbankan warga Jakarta.

5 Agustus 2016 07:00 WIB

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memberikan keterangan Pers kepada sejumlah media.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memberikan keterangan Pers kepada sejumlah media. dok. beritajakarta.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, kembali menegaskan tidak akan mengambil cuti untuk kampanye pada Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang.

Menurut mantan Bupati Belitung Timur itu, bila tetap ada aturan yang memaksanya untuk cuti, sama saja mengorbankan warga Jakarta.

"Jadi kalau saya dipaksa cuti melawan konstitusi enggak? Melawan. Tapi mereka bisa berpolitik, kalau saya enggak mau cuti di masa kampanye, pasti yang enggak suka sama saya mengatakan Ahok didiskualifikasi. Berarti Ahok akan didiskualifikasi," ujar Ahok di Jakarta, Kamis (4/8).


Ahok Sebut Kadrun Akan Demo Jika Jadi Dirut, Fadli: Rasis Juga Memecah Belah

Suami Veronica Tan itu bahkan menuturkan tidak ada yang dapat menjamin bahwa Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur penggantinya nanti akan bekerja dengan jujur. Apalagi, masa kampanye nanti bertepatan dengan pembahasan penyerapan anggaran APBD DKI Jakarta.

"Bukan saya yang pilih (Plt Gubernur), Mendagri yang kirim orang. Makanya sekarang saya bilang, siapa yang (bisa) jamin PNS yang dikirim dari Mendagri itu jujur? Apa dia mampu mengeluarkan izin-izin dengan baik?," kata Ahok.

"Makanya kalau kami masuk lagi, berantem, karena kami mau buka itu semua, gitu lho? Dia (Plt Gubernur) lakukan tugas sehari-hari lho, apapun itu. Bukan saya menuduh, misalnya gitu lho," sambung Ahok.

Seperti diketahui, Ahok mengajukan uji materi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK). Materi gugatan adalah perkara cuti bagi calon kepala daerah petahana.

"Saya bukan minta hapus (aturan) itu. Saya cuma minta seandainya saya ingin menjaga APBD, saya rela tidak kampanye deh, asal saya tidak cuti. Harusnya kan boleh kan," kata Ahok, Selasa (2/8) lalu.

Ahok Dinilai Rasis Karena Sebut Kadrun, Ruhut: Dasar Pakai Kacamata Kuda

Halaman: 
Penulis : Riana