logo


Upayakan Program Indonesia Zero Hunger, Ini Strategi Kementan

Hari mengungkapkan bahwa terjemahan dari target swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah pada saat ini adalah untuk meretas setiap bentuk kemiskinan dan kelaparan yang ada di Tanah Air

2 Agustus 2016 13:27 WIB

Sekretaris Jenderal Kementan, Hari Priyono.
Sekretaris Jenderal Kementan, Hari Priyono. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Hari Priyono, mengatakan bahwa hingga saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya untuk mengatasi masalah kelaparan di Tanah Air dengan meningkatkan produktivitas di sektor pangan.

"Kita akan terus meningkatkan produktivitas hasil pangan, terutama untuk komoditas strategis (Pajale)," kata Hari di Jakarta, Selasa (2/8).

Lebih lanjut Hari mengatakan bahwa saat ini organisasi pangan dunia milik PBB, Food and Agriculture Organization (FAO), memberikan nilai positif terhadap ketahanan pangan di Indonesia.


Ketua DPR Desak Kementan Jelaskan Data Soal Jagung

Namun menurutnya, hal tersebut belum cukup maksimal karena memang kondisi sumber daya alam dimiliki daerah Indonesia timur terbatas. Maka dari itu dengan fokus FAO yang zero hunger tidak boleh ada daerah yang menderita kelaparan.

"Masih ada beberapa daerah yang mesti kita lakukan upaya khusus sebab dinilai rawan ketahanan pangannya seperti di daerah Indonesia timur," ujar Hari.

Ia juga mengungkapkan bahwa terjemahan dari target swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah pada saat ini adalah untuk meretas setiap bentuk kemiskinan dan kelaparan yang ada di Tanah Air.

"Kita saat ini sedang berupaya untuk menyukseskan program tersebut," pungkas Hari.

Kementan Ajak Masyarakat Konsumsi Pangan Lokal

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana