logo


Kementan Usulkan Pengangkatan 7.684 Penyuluh Menjadi CPNS

Jumlah penyuluh pertanian di tanah air masih sangat kurang

2 Agustus 2016 12:35 WIB

Ilustrasi, PNS.
Ilustrasi, PNS. setkab.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kementerian Pertanian (Kementan) mengusulkan agar 7.684 Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) yang berada di kabupaten/kota, untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Kementan, Pending Dadih Permana, mengatakan, pengusulan tersebut dilakukan lantaran hingga saat ini para penyuluh tersebut sudah ikut berkontribusi dalam peningkatan produktivitas di sektor pertanian.

"THL-TB Penyuluh Pertanian telah memberikan kontribusi pada peningkatan produksi di sektor pangan. Jadi, ini saatnya para THL-TBPP diangkat menjadi CPNS untuk mengatasi kekurangan tenaga penyuluh pertanian," ujar Pending, Selasa (2/8), di kantor Kementan, Jakarta.


Kementan: Pupuk 2020 Cukup

Menurut Pending, saat ini jumlah penyuluh di tanah air masih sangat kurang. Jumlah penyuluh yang bertugas di masing-masing desa/kelurahan hanya 12.007 orang (PNS) yang melayani 71.479 desa/kelurahan potensi pertanian.

Padahal, dalam UU Nomor 19/2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani serta Permentan Nomor 72/2011 tentang Pedoman Penyusunan Formasi Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian disebutkan, paling sedikit satu orang penyuluh berada dalam satu desa yang potensial pertanian.

"Jadi, kita masih membutuhkan setidaknya 59.472 orang penyuluh lagi untuk memenuhi kebutuhan seperti yang ditetapkan dalam UU," ujar Pending.

Untuk diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi telah menyetujui adanya pengangkatan para THL-TB Penyuluh Pertanian, terutama yang berusia kurang dari dan sama dengan 35 tahun untuk menjadi CPNS Penyuluh Pertanian dan yang lainnya akan diproses melalui pola pegawai pemerintah.

Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro
 
×
×