logo


Mesin 'Jakarta Anti Galau' Buatan IPB Siap Bumi Hanguskan Sampah di Ibu Kota

Mesin JAGAU berbentuk baling-baling dilengkapi dengan sistem konveyor yang langsung terintegrasi dengan bak penampungan sampah

2 Agustus 2016 10:45 WIB

Sampah rumah tangga memenuhi Banjir Kanal Timur (BKT) di Kawasan Cipinang, Jakarta Timur.
Sampah rumah tangga memenuhi Banjir Kanal Timur (BKT) di Kawasan Cipinang, Jakarta Timur. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - M. Prayoga Sunandar, M Joffy Mahardika, Putra Ansa Gaora, dan Andri Nur Rachman, empat mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan mesin untuk mengatasi tumpukan sampah di aliran sungai Ciliwung di Jakarta bernama JAGAU atau Jakarta Anti Galau.

Dari penampilannya, mesin JAGAU berbentuk baling-baling dilengkapi dengan sistem konveyor yang langsung terintegrasi dengan bak penampungan sampah.


UNS Gelar Workshop Literasi Informasi Beasiswa Taiwan

Baling-baling di mesin JAGAU ini berfungsi untuk mengambil dan mengangkat sampah yang terdapat di permukaan air. Setelah sampah terangkut, lalu dialirkan melalui konveyor yang terintegrasi dengan bak penampungan di bibir sungai, dan dapat langsung diangkut truk.

Tak hanya itu, mesin ini juga dilengkapi dengan sistem hidrolik dan sensor guna mengoptimalkan kinerjanya. Hidrolik dan sensor berfungsi menaik-turunkan mesin secara otomatis sehingga dapat menyesuaikan tinggi permukaan air sungai.

Mesin JAGAU ini diharapkan benar-benar dapat menjadi solusi alternatif dalam menangani masalah sampah sungai khususnya di DKI Jakarta. Mesin ini dinilai sangat efektif dan efisien sebagai solusi jangka panjang dalam menangani sampah yang masih belum terselesaikan.

Lebih lanjut, mesin JAGAU ini terpilih sebagai salah satu karya dari Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang lolos untuk mengikuti Pekan Inovasi Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2016.

"Kami berharap mesin ini dapat menjadi salah satu juara pada ajang PIMNAS tahun ini dan yang terpenting mesin JAGAU dapat direalisasikan sesegera mungkin dengan bantuan berbagai pihak," terang salah satu anggota tim, Prayoga, dalam keterangan persnya.

 

Delegasi President University Raih Prestasi Gemilang di Ajang INCHALL 2017

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×