logo


Susu Kecoa Bakal Jadi Superfood di Masa Depan

Kecoa jenis Diploptera Punctata diyakini memiliki susu yang mengandung kristal padat protein untuk menyusui anaknya

28 Juli 2016 12:05 WIB

Kecoa.
Kecoa. net

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Susu dikenal sebagai minuman dengan kandungan gizi tinggi. Selama ini kita mengenal susu dari sapi dan kambing. Namun kini, peneliti tengah mengembangkan susu yang tak biasa, yakni susu kecoa.

Dikutip dari nat-geo.ru, tim ilmuwan di India’s Institute for Stem Cell Biology and Regenerative Medicine mengklaim, susu kecoa ini akan menjadi makanan super atau super food di masa depan.

Namun, tak semua kecoa memproduksi susu tersebut, kecoa yang dimaksud adalah jenis Diploptera Punctata, kecoa yang biasa ditemukan di Hawaii, spesies yang dikenal dapat melahirkan dan memproduksi susu.


Soal Penyebab Kematian Sapi di NTT, Ini Klarifikasi Dirjen PKH Kementan

Kecoa jenis Diploptera Punctata diyakini memiliki susu yang mengandung kristal padat protein untuk menyusui anaknya.

“Awalnya, kami tidak percaya kristal ini merupakan kristal protein. Proteinnya sangat stabil. Bisa menjadi suplemen protein luar biasa,” kata Subramanian Ramaswamy, salah satu peneliti yang terlibat dalam studi.

Namun, Ramaswamy mengatakan bahwa mungkin susu jenis ini tak direkomendasikan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Tetapi, susu kecoa ini dapat menjadi jawaban bagi mereka yang berupaya untuk memenuhi kebutuhan kalori sehari-hari.

Lebih lanjut Ramaswamy menuturkan, karena hewan ini tidak memiliki puting, susu kecoa tidak dapat diperah layaknya susu sapi, melainkan akan diolah menjadi semacam ragi. Selain itu, merk “kecoa” tentu tak baik dari segi bisnis.

“Saya tidak yakin orang-orang bakal suka jika kita memberitahu mereka (bahwa susu tersebut adalah susu kecoa),” ujar Ramaswamy.

Di samping itu, diperlukan penelitian lebih lanjut dan serangkaian uji coba untuk mengetahui apakah susu kecoa aman untuk dikonsumsi oleh manusia dalam jangka panjang.

 

Dari Kulit Kopi, Petani Desa Ini Ciptakan Pakan Ternak Berprotein Tinggi

Halaman: 
Penulis : Riana