logo


Pembahasan RUU Pertembakauan Banyak Menuai Pro dan Kontra

Pasalnya, RUU ini tujuannya ingin melindungi petani tembakau sehingga mereka makin sejahtera ekonominya

28 Juli 2016 09:41 WIB

Mukhamad Misbakhun.
Mukhamad Misbakhun. dok. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politisi Partai Golkar, Mukhamad Misbakhun, mengapresiasi keputusan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI yang menyetujui RUU Pertembakauan menjadi inisiatif DPR dan akan disampaikan pada Rapat Paripurna.

“Persetujuan tingkat I di Baleg atas RUU Pertembakauan sebagai inisiatif DPR. Besok kita sampaikan pada rapat paripurna DPR,” ujar Misbakhun di ruang Baleg DPR RI, Jakarta, Rabu malam (27/7 ).

Inisiator Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertembakauan ini menuturkan, dalam pembahasan RUU Pertembakaun banyak terjadi perdebatan pro kontra, mulai dari kecaman kelompok anti tembakau yang menginginkan RUU Pertembakauan dicabut dari DPR sampai DPR mendapatkan dukungan dari petani tembakau.


Bela Petani Tembakau, Misbakhun Tak Akan Kendor Perjuangkan RUU Pertembakauan

Pasalnya, RUU ini tujuannya melindungi petani tembakau sehingga mereka makin sejahtera secara ekonomi.

“Pandangan pro kontra seperti itu merupakan hal yang biasa dalam proses pembuatan RUU. DPR selalu menampung aspirasi dari berbagai pemangku kepentingan,” tutur Misbakhun.

Menurutnya, RUU Pertembakauan strategis sebagai landasan hukum pengaturan pengelolaan tembakau secara terpadu dari hulu hingga hilir, mengatur semua aspek pertembakauan dengan berbagai kepentingan para pemangku kepentingan.

“Terutama perlindungan dan pemberdayaan petani, menyerap jutaan pekerja di sektor pertembakauan, memiliki kontribusi penting bagi penerimaan negara melalui penerapan cukai, pajak, bea masuk/bea masuk progresif, pengaturan tata niaga yang sehat maupun pengembangan industri hasil tembakau bagi kepentingan nasional,” pungkas Misbakhun.

 

Suharno, Jenderal Beruntung yang Bisa Pegang Tongkat Komando Presiden Sukarno

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana